Menikmati Suasana Desa di Cibuluh Subang, Unik Ada Festival 7 Sungai

• Monday, 18 Feb 2019 - 09:26 WIB
Menikmati Suasana Desa di Cibuluh Subang (Foto: Instagram)

JAKARTA - Kabupaten Subang, Jawa Barat memiliki beragam potensi wisata alam. Mulai dari pesisir laut utara, dataran tengah, hingga dataran tinggi. Tak hanya itu, Subang juga memiliki destinasi wisata budaya yang menarik, salah satunya Desa Wisata Cibuluh di Kecamatan Tanjung Siang. Lokasi Desa Wisata Cibuluh berjarak sekitar 37 km dari pusat Kota Subang.

 

 

"Desa Wisata Cibuluh, pada awal 2017 mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Wisatawan yang bekunjung ke desa ini dapat menikmati keindahan alam dan sajian budaya masyarakat setempat. Dengan pesona alam pedesaan, pesawahan, kolam ikan, sungai-sungai yang mengalir, air tejun, rimbunnya pepohonan, segarnya udara, serta keramahan masyarakatnya. Desa Cibuluh menjadi desa wisata yang diunggulkan untuk menarik wisatawan," tulis Instagram @genpijabar, dikutip Senin (17/2/2019).

 

Desa wisata ini dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan nama unit usaha pariwisata. Mereka menawarkan paket wisata desa untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan budaya masyarakat desa, khususnya masyarakat Sunda.

 

Wisatawan akan diperkenalkan dengan budaya sawah, budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Jika sedang musim menanam padi, wisatawan bisa turun ke sawah untuk mencakul sawah dan menanam padi.

 

Di desa ini, wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan makanan tradisional yang dibuat oleh warga sekitar, dan mencoba membuat sendiri. Ada juga spot wisata alamnya, seperti Curug Ciseupan, Monumen Perjuangan, dan lainnya.

 

Festival Sungai menjadi objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Di sini, terdapat tujuh sungai yang mengalir melalui Desa Cibuluh, satu di antaranya yakni sungai Cipunegara. Kekayaan sungai ini menjadi salah satu destinasi yang mengundang wisatawan. Pengelola wisata memanfaatkan sungai ini untuk kegiatan rafting dan kegiatan lainnya.

 

Salah satu program yang ditawarkan kepada wisatawan yaitu Festival Sungai. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya. Festival 7 sungai diselenggarakan sebagai cermin sejarah Desa Cibuluh dengan budaya agraris atau bersawah yang kental di desa.

 

Editor : Vien Dimyati

Source : iNews.id