Dibahas Dalam Debat Capres, Unicorn Juga Dikenal Dalam Kue dan Dessert

• Monday, 18 Feb 2019 - 13:26 WIB

Jakarta - Bukan perusahaan startup, Unicorn dalam dunia kuliner ini punya bentuk imut dan enak dimakan. Unicorn berbentuk cake, dessert hingga minuman. Tahun lalu, di media sosial, orang sangat terobsesi terhadap unicorn. 


Unicorn merupakan makhluk mitologis yang berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Tanduknya berbentuk spiral dengan bulu yang berwarna putih.



Walau begitu, ini bukan pertama kalinya unicorn dikenal. Menurut sejarah, kuda bertanduk ini sudah ada sejak abda ke-4 SM. Seiring waktu, unicorn menjadi sebuah kepercayaan rakyat. Setelah itu, unicorn kembali berevolusi menjadi mainan anak dengan warna cerah dan sentuhan pastel pada tahun 1980-an.


 

Dibahas Dalam Debat Capres, Unicorn Juga Dikenal Dalam Kue dan DessertFoto: Istimewa


Dikutip dalam Higgypop, kepopuleran unicorn adalah berkat medial sosial. Di Instagram ada 7,5 juta foto yang diunggah dengan tambahan hastag #unicorn.



Tren kue unicorn bermula dari baker (pembuat kue) asal Kanada yaitu Jenna Rae Cakes Tampilan kue unicorn ini memang punya daya tarik tersendiri. Ditambah dengan dekorasi bunga, cake bertema unicorn ini semakin cantik.


 

Dibahas Dalam Debat Capres, Unicorn Juga Dikenal Dalam Kue dan DessertFoto: Istimewa


Selain cake pengantin, unicorn juga dibuat menjadi cupcakes dan macaron. Unicorn yang dibuat menjadi macaron sangat menggemaskan. Macaron yang dibuat oleh Mac Lab Bakery di Georgia, Amerika Serikat membuat kreasi macaron bentuk hewan fantasi itu. Macaron tampil lengkap dengan kuping, tanduk, mata hingga rona merah di pipi unicorn berwarna putih. 

 

Selain itu ada juga kue ulang tahun bertema kuda yang melegenda ini. Kuenya diselimuti oleh krim berwarna pastel. Selain dibuat anggun dengan lapisan buttercream warna-warni, cake unicorn ini justru dibuat dengan tubuh gempal.
 

Dibahas Dalam Debat Capres, Unicorn Juga Dikenal Dalam Kue dan DessertFoto: Mac Lab Bakery


Hiasan cake ini terbuat dari fondant, unicorn sengaja dibuat kekenyangan karena memakan kue di sampingnya. 



Untuk minuman, tema unicorn pernah diusung oleh Starbucks. Minuman yang dibuat dari cokelat putih leleh dengan pewarna biru ini semakin unik saat dicampur dengan es krim vanilla, sirop mangga hingga pewarna pink.
 

Dibahas Dalam Debat Capres, Unicorn Juga Dikenal Dalam Kue dan DessertFoto: Instagram


Tak ketinggalan, hot chocolate unicorn juga dibuat warna-warni. Hot chocolate diberi tooping warna-warni berupa marshmallow dan sprinkle cokelat warna-warni. Milkshake yang manis juga disulap jadi unicorn. Selain rasanya yang manis, minuman ini juga sangat enak dilihat.



Jika dihitung, tren makanan kekinian bertema unicorn ini sudah berlangsung lebih dari dua tahun. Diluar kuliner, dalam 'dunia' start up unicorn ini adalah sebuah perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai hingga US$ 1 miliar. 


(lus/odi)