Gulai Ikan Belanak untuk Makan Siang, Maknyus

• Senin, 18 Peb 2019 - 15:07 WIB
Gulai ikan belanak untuk makan siang (Foto:Ist)

IKAN Belanak memiliki rasa gurih sehigga disukai pecinta kuliner. Tak heran jika diolah apa saja, menu ini disukai. Nah, untuk memberi sensasi berbeda, Anda bisa membuat Gulai Ikan Belanak Aroma Daun.

 

Makanan yang satu ini bisa dinikmati saat santai bersama keluarga, seperti akhir pecan ini. Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan setiap Minggu, pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya. (Baca juga: Rasa Unik Nasi Goreng Tiwul Wonosalam).

 

Bahan 1:

700 g ikan belanak, marinasi dengan ½ sdt Desaku Kunyit Bubuk, 1 sdm Desaku Ketumbar Bubuk, 1sdt garam dan 3 sdm air, goreng kering beserta bumbu marinasi

Pedas Gurih Olahan Sambal Bawang Cumi Asin

Ragam Kuliner Lezat Hadir di Pantai Indah Kapuk Avenue

 

Bahan 2:

4 batang daun bawang bagian hijaunya potong 2 cm

50 g daun kemangi ambil pucuk dan daunnya

3 ranting daun kari/tumurui/salam koja

10 buah cabe rawit merah

 

Bahan 3: (haluskan)

8 buah bawang merah

4 siung bawang putih

4 butir kemiri

 

Bahan 4:

6 sdm minyak goreng

500 ml santan sedang kentalnya

1 saset Desaku Bubuk Gulai

½ sdt garam

1 sdt gula

250 ml santan kental

 

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus bahan 3 dengan minyak goreng hingga harum dan matang (minyak bening kembali). Masukan santan kentalnya dan Desaku Bubuk Gulai aduk perlahan hingga larut dan mengembang. (Baca juga: Resep Apem Belanda untuk Cemilan Keluarga di Akhir Pekan).

2. Masukan garam dan gula aduk rata hingga menyusut 50%. Masukkan daun berambang, kemangi, daun kari dan cabe rawit merah, ratakan. Masukkan santan kental, aduk- aduk hingga mendidih kembali santanya, matikan api.

3. Letakkan ikan belanak yang sudah di goreng diatas piring dan siram dengan kuah gulai. Sajikan selagi panas.