PT. KAI Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

• Thursday, 21 Feb 2019 - 14:28 WIB

Surabaya - Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara, PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa. Kali ini KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

 

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan acara ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan yang bertujuan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkokoh NKRI.

 

Kegiatan yang di gelar di Stasiun Gubeng Surabaha ini dikemas dalam format dialog antara para tokoh nasional yang hadir dengan para peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, seniman, budayawan, akademisi, dan lainnya.

 

“Hari ini (Kamis) kegiatan Jelajah Kebangsaan hadir di Stasiun Surabaya Gubeng dengan menghadirkan tokoh nasional Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U.,  Hj. Sinta Nuriyah Wahid, M.Hum., KH. Marzuki Mustamar, Alissa Wahid, Prof. KH. Abdul A’la, dan Emil Dardak selaku Wagub Jatim. Tema yang diangkat “Mengokohkan Kebangsaan: Meneladani Patriotisme Arek Surabaya Bagi Indonesia Emas 2045,” kata Suprapto.

 

Lebih lanjut, Suprapto menyatakan KAI senantiasa mendukung kegiatan yang positif dalam rangka memupuk rasa berkebangsaan Indonesia bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia melalui pendekatan yang ringan namun kreatif dan membumi. “Dengan diadakannya kegiatan ini oleh Gerakan Suluh Kebangsaan, dapat menguatkan dan menyebarluaskan semangat positif kebangsaan Indonesia melalui jalur kereta api,” harap Suprapto.

 

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Prof. Mahfud MD sangat mengapresiasi atas kerjasamanya, dukungannya dan kepedulian KAI terhadap keutuhan dan kokohnya NKRI.  " Jelajah Kebangsaan ini sudah terselenggara beberapa kali. Kita berharap bahwa kegiatan ini bisa kembali mempererat rasa persatuan dan meneguhkan komitmen untuk mempertahankan NKRI , ditengah berbagai isu hoax yang mengancam integritas bangsa. Selain juga gerakan gerakan radikal yang menghasut anak bangsa " tutur mantan Ketua  MK ini. Mahfudb MD berharap , kerjasama KAI dengan Gerakan Suluh Kebangsaan bisa berlanjut terus dalam kegiatan lain demi cita-cita bersama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

Selain Jelajah Kebangsaan, Gerakan Suluh Kebangsaan juga mempunyai berbagai kegiatan di berbagai propinsi antara lain Sarasehan Kebangsaan dengan Tokoh, Dialog Kebangsaan dengan civitas akademika Kampus,  Dialog Lintas Iman, dan Silaturahmi ke para Kiai.

 

Bersamaan dengan acara ini, diselenggarakan juga acara pameran fotografi dengan mengambil tema "Rantau" selama 4 hari dari tanggal 20 s/d 23 Februari 2019. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pihak Humas PT KAI Daop 8 Surabaya dengan Seni Fotografi Universitas Airlangga.

 

Selain menghadirkan berbagai photo yang beretemakan "Rantau", kegiatan ini juga menampilkan pameran aneka macam mainan anak tradisional zaman dulu. "Diharapkan dengan kehadiran berbagai benda pamer berupa aneka macam permainan anak tradisional, bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penumpang di Stasiun Gubeng, dan bisa menjadi sebagai obat kerinduan bagi para perantau akan kampung halamannya. Selain itu, dengan adanya pameran ini, juga sebagai sarana kampanye dalam melestarikan permainan tradisional asli masyarakat Indonesia," Jelas Suprapto. (Wan)