Bukit Jaddih Madura, Objek wisata menarik untuk dieksplor

• Tuesday, 26 Feb 2019 - 09:20 WIB
Keindahan Bukit Jaddih Madura (Foto: Instagram)

JAKARTA - Travelling ke Madura, Jawa Timur, yang ada di pikiran Anda adalah Jembatan Suramadu. Memang untuk urusan wisata, Madura belum terlalu populer seperti di Bali dan Lombok.

 

Tetapi, jika Anda menelusuri lebih jauh, pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur ini memiliki objek wisata menarik untuk dieksplor. Salah satunya Bukit Jaddih.

 

Bukit yang sedang hits di kalangan traveler milenial ini memiliki pemandangan yang instagramable. Jika dilihat lebih detail, di beberapa bagian bebatuannya terdapat bukit yang tampak memiliki pintu atau jendela. Biasanya, spot ini dijadikan tempat yang diburu traveler untuk berswafoto.

 

 

"Pemandangan di Bukit Jaddih ini sungguh luar biasa. Bukit Kapur ditambang, digali dan dibuka, menciptakan lansekap buatan yang cukup indah. #ayodolan ke sini, ada bukit yang tampak memiliki pintu atau jendela. Ada ruang terbuka yang memiliki kolam. Ruang terbuka itu bisa jadi tempat teater terbuka. Bukit ini dibentuk seperti bangunan bertingkat, besar dan bagus. Tag dan ajak teman kamu dolan ke sini! Foto dolan dari @adji_mahadewa," tulis Instagram @ayodolan dikutip Selasa (26/2/2019).

 

Bukit Jaddih merupakan bekas penambangan batu kapur putih. Jika dilihat sekilas, Bukit Kapur Jaddih mirip dengan Bukit Kapur Rengel di Tuban atau Bukit Kapur Sekapuk di Gresik. Perbedaannya, Bukit Jaddih ini memiliki kolam renang bernama Gua Pote.

 

Kolam ini berada di sebelah utara Bukit Jaddih, terbentuk secara alami dan berada tepat di tengah-tengah bukit kapur putih yang mengelilinginya. Air putih jernih berasal dari mata air. Masyarakat sekitar Desa Jaddih menamakan kolam ini Aeng Goweh Pote yang diambil dari Bahasa Madura. Artinya Air Gua Putih, yang berada di antara bukit-bukit kapur putih.

 

Keunikan lain dari bukit ini adalah terdapat gua-gua kecil sisa penambangan. Bahkan, di beberapa bongkahan batu besar dan kecilnya menyisakan pahatan dan ukiran unik.

 

Cobalah untuk menaiki bagian bukit paling tinggi. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Madura secara keseluruhan. Anda juga dapat merasakan kesejukan hamparan bukit berwarna hijau yang luas dan asri dari atas Bukit Jaddih ini.

 

Bukit Jaddih berjarak 10 kilometer dari pusat kota Kabupaten Bangkalan dan berjarak 28 km dari pusat Kota Surabaya melalui jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Surabaya.

 

Harga tiket masuk Bukit Kapur Jaddih Bangkalan juga terbilang murah, hanya Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah mencangkup berenang di kolam pemandian dan menelusuri Bukit Jaddih.

 

Editor : Vien Dimyati

Source : iNews.id