Harga Tiket Dianggap Sudah Sesuai, Ikatan Pilot Janjikan Perbaikan Penerbangan

• Tuesday, 5 Mar 2019 - 11:01 WIB
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu penentu travelling kita adalah transportasi ke tempat tujuan. Seringkali, Anda memilih untuk naik pesawat demi menghemat waktu dan juga alasan keamanan serta senyamanan.

 

Tapi, terkadang perjalanan udara kita tidak menyenangkan entah karena turbulensi sepanjang perjalanan akibat cuaca buruk, ataupun pendaratan yang dianggap lebih kasar dari biasanya.

 

Nah, saat kita terbang, keselamatan penerbangan menjadi salah satu tugas pilot. Baik rute penerbangan pendek atau jauh, standarisasinya sama.


 

Ketua Ikatan Pilot Indonesia Iwan Setyawan mengungkapkan,saat naik pesawat penumpang tak usah khawatir dengan kinerja pilot dalam mengendalikan penerbangan dan seluruh aktivitas di kabin. Menurutnya, saat ini keselamatan penerbangan sudah semakin membaik dari tahun ke tahun.

 

"Keselamatan penumpang dalam industri maskapai nasional ke depannya semakin menjanjikan. Dari aspek cost structure, safety quality, hingga tata kelola regulasi tetap terjaga baik," ucap pria yang akrab disapa Capten Iwan itu.

 

Apalagi belakangan INACA tetap menjaga kepuasan penumpang pesawat, dengan membatalkan kenaikan harga tiket. Penyesuaian tarif telah dilakukan agar penumpang tak keberatan saat ingin melancong. "Penyesuaian tarif tiket sekarang sudah sesuai dengan daya beli masyarakat," tambahnya.

 

Demi memprioritaskan keselamatan, para pilot juga dituntut untuk menjaga kode etik IPI, sebagai pelaksana pelayanan transportasi udara kepada penumpang. Misalnya, tidak konsumsi alkohol sebelum terbang atau bebas dari obat-obatan terlarang alias narkoba.

 

Belakangan, pilot maskapai nasional banyak yang ketahuan tidak "bersih" dari benda-benda terlarang itu. Padahal dampaknya bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan penumpang lho.