Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan Luncurkan Aplikasi Customs Declaration (CD)

• Wednesday, 6 Mar 2019 - 12:49 WIB
Foto: dok.Humas Bea Cukai

MAKASSAR – Petugas Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan kembali menambah kemudahan bagi para pengguna jasa di wilayah Makassar melalui peluncuran Customs Declaration (CD) Online. Peluncuran aplikasi online tersebut tentu akan memudahkan para penumpang pesawat luar negeri yang tiba di Makassar.

 

Kepala Kantor Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Padmoyo Tri Wikanto mengungkapkan bahwa penerapan pengisian Customs Declaration ini sangat mudah untuk para penumpang.

 

“Penumpang tidak harus mengisi CD secara manual karena point pengisiannya sama dengan CD manual dalam bentuk formulir. Penumpang juga bisa mengisi sebelum keberangkatan di ruang tunggu luar negeri, sesampai di Bandara Makassar cukup dikoneksikan atau di scan QR kode pada handphone ke mesin pembaca QR Qode milik petugas Bea Cukai,” ujarnya.

 

Padmoyo menambahkan bahwa aplikasi ini juga bertujuan memudahkan awak sarana pengangkut dalam pengisian data pribadi dan barang bawaannya. Dirinya juga mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut bisa diunduh di playstore.

 

“Pengguna dapat membuka Google Playstore di Android dan melakukan pencarian aplikasi e-CD (Customs Declaration),” ucapnya.

 

Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirrahman turut menjelaskan bahwa kemudahan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan Bea Cukai kepada masyarakat. “Selain pertimbangan "paperless, semoga dengan adanya inovasi ini bisa lebih mempermudah masyarakat memperlancar arus penumpang di bandara khususnya di Kota Makassar,” pungkasnya.