Captain Marvel yang Memanjakan Fans

• Rabu, 6 Mar 2019 - 19:10 WIB

"Captain Marvel" sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 6 Maret 2019, dan mulai 8 Maret 2019 di pasar Amerika Serikat, bertepatan dengan International Women’s Day.

Perang abadi antara kaum yang baik dan si jahat, masih menjadi latar "Captain Marvel".

Meski secara garis besar sejalan dengan superhero pada umumnya, tetapi jagoan tunggal perempuan pertama dari Marvel Cinematic Universe, yang diangkat ke  layar lebar ini, tetap menyajikan level kekerenan tersendiri.

Ceritanya, diawali konflik orang Skrull versus Kree. Orang planet Skrull yang buruk rupa, punya kemampuan berubah wujud sehingga mengecoh lawan. Mereka mengusik kedamaian orang Kree, ras unggul, pahlawan paling mulia sejagat raya, pemilik kecerdasan tertinggi.

Salah satu orang Kree, bernama Vers, diceritakan menjadi prajurit terpilih yang tangguh, kuat, dan bisa hidup lebih lama. Sayangnya, dia dihantui mimpi buruk yang misterius.

Dalam penyergapan ke wilayah orang Skrull, Vers tertangkap, terkecoh, dan terhempas ke Bumi. Masuk ke dunia tahun 1990-an, Vers berusaha kembali ke asal. Namun, keanehan demi keanehan dialaminya. Seaneh kostum pasukan luar angkasanya di tengah keseharian Los Angeles.

Ketika dikejar-kejar pimpinan Skrull, prajurit Vers perlahan mengetahui masa lalunya, sebagai pilot Angkatan Udara Amerika Serikat, bernama Carol Danvers.

Proses pencarian jati dirinya sekaligus membawa penonton ke latar belakang tokoh-tokoh familiar dari S.H.I.E.L.D., agen spionase terkait superhero  yang membidani The Avengers.

Lalu bagaimana hubungan Carol Danvers dengan memori di mimpi yang tak terjelaskan? 
Apa saja yang disembunyikan darinya?
Daaaan... yang paling membuat penasaran, apa hubungan Captain Marvel dengan misi kumpulan para superhero dalam The Avengers?

Dengan alur maju-mundur, "Captain Marvel" menjawab berbagai pertanyaan tersebut dalam tampilan dan suasana tahun 90-an, disertai pesan-pesan 'girl power'.  

Elemen-elemen detail mulai dari lagu, baju, dandanan, sampai teknologi mesin pencari AltaVista; mampu membangkitkan nostalgia asyiknya era tersebut.

Dihiasi dialog segar, penggemar fanatik Marvel diajak menemukan kejutan di sana-sini, termasuk penghargaan yang pantas ke pendiri Marvel Comics, almarhum Stan Lee, dari true believers. Selain itu, bersiap-siaplah mendapatkan pemancing untuk "Avengers: Endgame" (April 2019).

Sementara penonton awam dan penggemar cilik atau baru, dimanjakan dengan penampilan membumi aktris Brie Larson, yang menampilkan pergulatan perempuan di antara dominasi laki-laki, khususnya dalam kedirgantaraan militer. 

Tanpa tetek bengek romansa karakter utamanya, "Captain Marvel" tak bisa dianggap enteng sebagai sekadar pendahulu Avengers, tetapi menjadi superhero baru yang menjajikan untuk digali lebih dalam.

Genre: Superhero, Action, Sci-fi
Sutradara: Anna Boden & Ryan Fleck
Pemeran: Brie Larson, Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Djimon Hounsou, Lee Pace, Lashana Lynch, Gemma Chan, Algenis Perez Soto, Rune Temte, McKenna Grace, Clark Gregg, Jude Law. 
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 2 jam
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 6 Maret 2019

(MAR)