Italia dan Indonesia Akan Perkuat Kerja Sama Energi Terbarukan

• Thursday, 7 Mar 2019 - 19:55 WIB

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Italia untuk Indonesia, Vittorio Sandalli, mengatakan, terdapat sejumlah sektor yang menjadi fokus utama untuk dikembangkan melalui jalinan kerja sama dengan pemerintah Indonesia.

"Italia memiliki hubungan yang kuat dengan Indonesia. Kami berharap dapat lebih memperluas kerja sama dan menghasilkan peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara," kata Duta Besar Vittorio Sandalli di sela acara pameran Italy: The Beauty of Knowledge, di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Dubes Vittorio Sandalli menambahkan, saat ini kerja sama bilateral Italia dan Indonesia mencakup berbagai sektor termasuk ekonomi, perdagangan, investasi, energi, pertanian, pariwisata dan budaya, pertahanan dan keamanan, dan lainnya.

"Italia dapat memberikan beragam dukungan kepada Indonesia. Terlebih, sejumlah aspek yang dimiliki oleh Italia belum banyak diketahui oleh kalangan pebisnis dan masyarakat di Indonesia," tambah Dubes Vittorio Sandalli.

Italia sendiri, kata Dubes Vittorio Sandalli, merupakan yang terbaik di Eropa dalam hal rendahnya emisi. Selain itu, pemanfaatan energi ramah lingkungan dan pengembangan teknologi panas bumi, merupakan bidang yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia.

"Italia juga memiliki teknologi canggih untuk pengembangan energi surya, energi angin, dan energi arus laut. Semua itu, bisa menjadi bidang-bidang kerja sama dengan Indonesia," kata Dubes Vittorio Sandalli. (ANP)