Menkes RI Terima Award Holmes Lecture 2019

• Thursday, 7 Mar 2019 - 20:33 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M(K) mendapatkan anugerah Holmes Lecture Award 2019 dari Asia-Pacific Academy of Ophthalmology (APAO). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Menkes Nila pada acara Pembukaan Kongres APAO ke-34 di Bangkok yang dihadiri oleh sekitar 6.500 peserta, termasuk dihadiri pula Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Thailand, Dubes Ahmad Rusdi.

Presiden APAO, Mr. Charles N.J. McGhee, menjelaskan bahwa Award tersebut diberikan atas kontribusi dan dedikasi Menkes Nila selama ini dalam pembangunan kesehatan global, termasuk mendukung program pelayanan kesehatan mata di kawasan Asia Pasifik.

“APAO bangga dengan kinerja dan pengabdian Ibu Nila Moeloek sebagai dokter spesialis mata dan sukses menjadi Menteri Kesehatan di Indonesia. APAO mengakui kontribusi peran aktif Ibu Nila Moeloek antara lain sebagai anggota Board Maternal, New Born and Child Health WHO, anggota Executive Board WHO, dan anggota Board Eat Forum. Selain itu, juga sukses mendorong peningkatan akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan kepulauan,” ungkap Presiden APAO.

Ia juga berharap kinerja Menteri Kesehatan RI ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh anggota APAO di Kawasan Asia Pasifik.

Dalam kesempatan bertemu dengan Board APAO, Menkes Nila menyampaikan terima kasih kepada APAO atas Award yang diberikan sebagai pengakuan atas pengabdian dan kinerjanya selama ini. Namun demikian, Menteri Kesehatan menyatakan bahwa penghargaan bukan untuk dirinya sendiri.

“Award ini bukan hanya untuk diri saya sendiri saja, namun pada hakekatnya adalah untuk rakyat dan Pemerintah Indonesia, khususnya sahabat-sahabat yang selama ini mendukung saya mencapai kesuksesan pembangunan Indonesia Sehat,” tutur Menkes Nila.

Kongres APAO ke-34 akan berlangsung dari tanggal 6-9 Maret 2019 dan menyelenggarakan berbagai program kegiatan berupa Seminar, Diskusi Panel dan Temu Ilmiah serta Pameran di bidang Kedokteran Mata. Kongres diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dan dihadiri oleh para Dokter Ahli Mata dari negara-negara di Kawasan Asia Pasifik.

Menteri Kesehatan dijadwalkan pula untuk memberikan presentasi mengenai Upaya Promotif dan Preventif Tumor Mata di Indonesia pada Sesi APAO Scientific Session tanggal 7 Maret 2019.

Berita ini disusun oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri dan disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan.(ANP)