Citi Indonesia Peringati Hari Perempuan Sedunia

• Friday, 8 Mar 2019 - 21:46 WIB

Jakarta - Peringatan Hari Perempuan Internasional 2019 bertema #BalanceforBetter yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret (Jumat) dirasa sangat istimewa di tengah semakin pentingnya peran perempuan dalam masyarakat. Tak hanya di rumah saja, perempuan juga kini mengambil peran yang signifikan di tempat kerja. Citi Indonesia sebagai bank berskala global menjunjung tinggi nilai-nilai keanekaragaman, inklusivitas dan kesetaraan gender di tempat kerja, sebagai buktinya saat ini 50% lebih karyawan Citi Indonesia adalah perempuan, selain itu berbagai posisi penting dan strategis di Citi Indonesia juga dipegang oleh perempuan dan mereka memainkan peran strategis dalam pertumbuhan bisnis Citi di Indonesia.

Ketua Citi Indonesia Woman Council (Citi IWC) Novita S. Djani mengatakan, ”Citi Indonesia berkomitmen untuk membantu membuka jalur karir dan peluang dalam pengembangan individu bagi karyawan perempuan melalui berbagai kegiatan seperti mentoring dan sesi berbagi. Selama program mentoring, karyawan perempuan Citi Indonesia menerima bimbingan kerja dari para mentor yang berkualitas dan berprestasi, baik dari pemimpin perempuan Citi di Indonesia, Asia Pasifik, maupun dari kantor global kami.”

Mengambil momentum perayaan Hari Perempuan Sedunia 2019, Citi Indonesia melalui Citi Indonesia Woman Council juga mengajak tak kurang dari 100 siswi SMU dan SMK di wilayah Jakarta menghadiri acara bertema #BalanceforBetter. Acara yang khusus diadakan untuk para siswi ini diisi dengan serangkaian program literasi keuangan yang disampaikan oleh para bankir perempuan di Citibank sekaligus inspirasi kepemimpinan. Usai menghadiri acara ini, diharapkan para perempuan muda ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, memupuk jiwa kepemimpinan dan mempromosikan sikap dan perilaku yang tepat dalam mengelola dan membuat keputusan keuangan.

Pengenalan literasi keuangan disajikan dalam 5 sesi interaksi, yaitu penganggaran keuangan, jenis-jenis investasi, pemahaman kredit dan risiko, pentingnya keamanan menyimpan identitas pribadi, dan pemahaman asuransi untuk perlindungan dari risiko.

“Citi menjunjung tinggi nilai-nilai keanekaragaman, inklusivitas dan kesetaraan gender di tempat kerja. Semangat ini kami teruskan juga ke masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial dan volunteering. Dengan mengadakan sesi berbagi dan kelas literasi keuangan bersama siswi SMU dan SMK, kami berharap dapat memotivasi generasi muda perempuan Indonesia untuk maju dan secara berkesinambungan, kami dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan peluang ekonomi mereka di masa depan,” imbuh Vita.

Sementara Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menyatakan, "Sebagai bank berskala global, kami percaya bahwa kesetaraan gender dapat membuat Halaman 2 dari 3 dunia tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik. Di Indonesia, perempuan memiliki potensi yang sangat besar untuk berperan lebih aktif dalam menyelesaikan berbagai isu-isu sosial dan ekonomi di masyarakat. Melalui acara Hari Perempuan Internasional tahun ini, Citi Indonesia ingin membantu siswi SMU dan SMK dalam meningkatkan rasa percaya diri, memupuk jiwa kepemimpinan, serta mempromosikan sikap dan perilaku yang tepat dalam mengelola dan membuat keputusan keuangan.”

Laporan World Economic Forum (WEF) tentang Global Gender Gap Index 2018 menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-85 dari 149 negara dengan skor 0,691. Tahun sebelumnya Indonesia berada di peringkat ke-84 dari 144 negara dengan skor yang sama. Global Gender Gap Index mengukur kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di empat kategori mendasar: Partisipasi & Peluang Ekonomi, Pencapaian Pendidikan, Kesehatan & Kelangsungan Hidup dan Pemberdayaan Politik. Tahun ini, Indonesia telah mencetak peningkatan yang signifikan dalam subindex Partisipasi & Peluang Ekonomi, di mana Indonesia naik peringkat dari 108 pada 2018 menjadi 96 tahun ini, yang mencerminkan peningkatan dalam partisipasi perempuan Indonesia dalam bidang ekonomi.*

###

*) http://www3.weforum.org/docs/WEF_GGGR_2018.pdf

Tentang Citi Indonesia Women Council (IWC) Citi Indonesia Women Council (IWC) merupakan sebuah organisasi di dalam Citibank Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Juli 2012 untuk mendukung keseimbangan peran dan prestasi perempuan dalam pekerjaan serta keluarga. IWC berperan sebagai wadah bagi perempuan Indonesia yang aktif dan profesional untuk mampu menjaga serta meningkatkan kualitas peran mereka, baik dalam keluarga maupun di lingkungan kerja. IWC senantiasa mendukung peran wanita dengan berbagai aktivitas, salah satunya melalui peluncuran fasilitas Ruang Menyusui yang mendapat penghargaan dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

Tentang Citibank N.A. Indonesia Citibank N.A., Indonesia merupakan cabang dari Citibank N.A., New York, USA. Di Indonesia, Citibank N.A., Indonesia telah berdiri sejak tahun 1968 dan dan merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Citibank mengoperasikan 10 cabang di enam kota besar – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar. Di Indonesia, Citibank memiliki jaringan transaksi konsumen sekitar 33.000 titik pembayaran dan jaringan distribusi korporasi sekitar 6.000 lokasi di 34 provinsi. Citibank N.A., Indonesia tersambung dalam jaringan ATM Bersama dengan lebih dari 70.000 terminal ATM yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Di tahun 2018, Citibank Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best International Bank in Indonesia dari Finance Asia, Best Consumer Digital Bank in Indonesia & Best Corporate/Institutional Digital Bank in Indonesia dari Global Finance, Best Bank-Global in Indonesia, Best Bond Adviser-Global in Indonesia, Best Digital Bank in Indonesia, Best Retail Mobile Banking Experience dari majalah the Asset, Digital Banking Initiative of the Year dari Asian Banking and Finance serta Innovative Company in Digital Services di kategori Foreign Bank dari Warta Ekonomi. Di tahun 2017, Citibank Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Halaman 3 dari 3 Corporate/Institutional Digital Bank dan Best Consumer Digital Bank dari Global Finance Magazine, Best of the Best Philanthropy, Best Employee Volunteering dan Best Social PR Program dari Mix Magazine, Best Foreign Bank in Indonesia dari Finance Asia, Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Terbaik di Kategori LLD (Lalu Lintas Devisa) dan DHE (Devisa Hasil Ekspor) dari Bank Indonesia, The Asset Asian Triple-A Awards sebagai Best e-Bank in Indonesia, Best Bank – Global in Indonesia, Best Corporate and Institutional Bank – Global in Indonesia, Best Corporate Bond in Indonesia, dan Best Liability Management in Indonesia serta Best Perform in Custodian Bank dan Indonesia Digital Innovation Award 2017 di kategori Bank Asing dari majalah Warta Ekonomi.

Informasi lebih lengkap dapat diperoleh di Website: www.citigroup.com | Twitter: @citi | Youtube: www.youtube.com/citi |Blog: http://blog.citigroup.com |Facebook: www.facebook.com/citiindonesia | LinkedIn: www.linkedin.com/company/citi Untuk mendapatkan pengalaman perbankan digital, silahkan kunjungi www.citibank.co.id Citibank N.A., Indonesia adalah bank yang berlisensi, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK).