Rem Blong, Pesawat Dabi Air Bablas hingga Tabrak Batu di Bandara Ilaga

• Monday, 11 Mar 2019 - 14:30 WIB
Pesawat Dabi Air mengalami kecelakaan karena rem blong di Bandara Ilaga (Foto: Edy Siswanto)

JAYAPURA – Pesawat Caravan Dabi Air milik PT Nusantara PK-DPT mengalami over runway di Bandara Ilaga. Accident Report ditandatangani Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Jayapura, Senin (11/3/2019).

 

Pesawat yang dipiloti Kapten Jhuda A. dan Kopilot Dendi Anugrah sebelumnya pada pukul 07.21 Wit terbang dari Bandara Moses Kilangin Timika. Pesawat dilaporkan membawa barang logistik atau bahan makanan milik saudara Idon (agen Pesawat Alda Air) seberat 1270 Kg.

 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi pada 07.51 Wit, saat pesawat tersebut landing di Bandara Ilaga.

 

"Pesawat mengalami over runway akibat rem tidak berfungsi, ditambah runway dalam kondisi basah," kata Kamal. 

 

Pesawat Dabi Air kecelakaan

 

Akibat kejadian tersebut, pesawat menabrak batu yang berada di ujung runway. "Pesawat mengalami rusak pada Landing Gear, Propeler dan Baling-baling depan. Saat ini, masih pada upaya evakuasi oleh otoritas bandara Ilaga," ujarnya.

 

Ditegaskan, tidak ada korban dalam musibah tersebut, pilot dan kopilot berhasil keluar dari pesawat dalam keadaan selamat, sementara barang Logistik telah diamankan di gudang bandara untuk diperiksa.

 

"Syukur semua selamat. Pihak bandara telah melakukan pemeriksaan terhadap piloti dan kopilot," katanya.