Ducati Dituduh Gunakan Komponen Ilegal di MotoGP Qatar 2019, Begini Reaksi Ciabatti

• Monday, 11 Mar 2019 - 17:37 WIB
Andrea Dovizioso (Foto: motogp.com)

LUSAIL – Direktur Olahraga Ducati, Pablo Ciabatti, mengomentari tuduhan Honda, KTM, Aprilia, dan Suzuki yang menyebut timnya menggunakan komponen ilegal pada seri perdana MotoGP musim 2019 di Qatar. Ciabatti menyebut tuduhan itu sangat aneh dan tak masuk akal.

 

Sebagaimana diketahui, terdapat empat tim yang menuduh Tim Ducati menggunakan komponen ilegal kala tampil di Sirkuit Losail pada dini hari WIB. Mereka mempermasalahkan winglet yang terpasang di bagian depan ban belakang motor Ducati pada MotoGP Qatar.

 

Andrea Dovizioso

 

Keempat tim tersebut menduga winglet tersebut untuk membantu mendinginkan ban belakang, yang mana hal tersebut merupakan ilegal. Akan tetapi protes keempat tim tersebut mendapatkan reaksi negatif dari FIM –selaku penyelengara MotoGP.

 

FIM berpendapat bahwa keputusan Tim Ducati memasang winglet di bagian belakang bukanlah tindakan ilegal. Ciabatti pun lantas mengomentari protes dari Honda, KTM, Aprilia, dan Suzuki tersebut. Ciabatti menyebut tuduhan itu sangat tak masuk akal, karena Tim Ducati sudah memasangnya sejak tes latihan bebas pertama.

 

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso

 

“Semua tim sudah menerima klarifikasi dari Direktur Teknis FIM (Danny Aldridge) sebelum balapan ini (MotoGP Qatar 2019) dimulai, atau tepatnya delapan hari yang lalu,” ucap Ciabatti, seperti dikutip dari Speedweek, Senin (11/3/2019).

 

“Jujur saja, protes mereka sangatlah tidak masuk akal dan aneh. Terlebih kami sudah menggunakan winglet ini sejak tes pramusim serta tes latihan bebas, dan tidak ada yang mengeluh. Tapi mengapa mereka kini berubah pikiran setelah kami memenangkan balapan,” tuntasnya.