Ditangkap KPK, Ketum PPP Romi Punya Harta Rp11,8 Miliar dan USD51 Ribu

• Friday, 15 Mar 2019 - 14:46 WIB
Ketua Umum PPP, Romi

JAKARTA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Romi. Romi ditangkap di daerah Jawa Timur pagi tadi.

 

Saat ini, Romi masih menjalani pemeriksaan awal di Mapolda Jatim. KPK akan mengumumkan status hukum Romi setelah adanya hasil pemeriksaan atau dalam kurun waktu 1x24 jam. Belum diketahui terkait kasus apa Romi ditangkap KPK.

 

Berdasarkan‎ data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diperoleh Okezone, pemilik nama lengkap Muchammad Romahurmuziy tersebut memiliki harta sebesar Rp11.834.972.656 dan USD51.377.

 

 sd

 

Romi terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 19 Maret 2010. Diketahui, Anggota Komisi XI DPR RI tersebut‎ memiliki aset berupa harta bergerak dan tidak bergerak.

 

Pria kelahiran Sleman tersebut memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan. Romi memiliki‎ 13 tanah dan bangunan di daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Sleman. Total tanah dan bangunan Romi senilai Rp2,5 miliar.

 

Romi juga memiliki harta yang bergerak berupa dua mobil Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Pajero, Ford Laser, dan sebuah motor merk Honda Supra Fit. Apabila diuangkan, kendaraan Romi mempunyai nilai Rp775 juta.

 

 sd

 

Tak hanya itu, Romi juga memiliki usaha yakni PT Dugapat Mas yang bernilai Rp1,4 miliar‎. Harta bergerak yang dimiliki Romi yakni, Batu Mulia, Logam Mulia, dan benda lainnya. Total harta bergerak lainnya yang dimiliki Romi sejumlah Rp425 juta.

 

‎Kemudian, Romi tercatat juga memiliki 12 surat berharga sebesar Rp1,1 miliar. Cucu mantan Menteri Agama, Muhammad Wahib Wahab tersebut memiliki giro setara kas sejumlah Rp5,2 miliar dan 51.377 Dollar Amerika.

 

Romi juga memiliki piutang dalam bentuk uang sebesar Rp167 juta. Sementara itu, berdasarkan laporan terakhirnya, Romi tidak punya hutang.‎ Jika ditotal secara keseluruhan, Romi memiliki harta Rp11.834.972.656 dan USD51.377.