Mengicip 5 Kuliner Khas Yunani yang Lezat, Termasuk Satenya

• Jumat, 15 Mar 2019 - 16:34 WIB
Sate khas Yunani (Foto:Dada)

BUKAN cuma pantai dan pulaunya yang menawan, tapi kuliner Yunani juga telah mendunia. Perpaduan influence dari dunia Barat dan Timur membuat makanan Yunani tak cuma lezat, unik, tapi juga kaya rasa. Sebelum liburan ke Yunani, kenalan dulu yuk dengan beberapa makanan khas Yunani berikut ini.

 

Kuliner Yunani mudah ditemukan di berbagai belahan dunia. Di Indonesia pun ada juga restoran yang menyajikan Greek foods. Pasti pernah lihat kan restoran yang interiornya didekorasi warna putih biru ala rumah di Santorini ? Berikut beberapa makanan Yunani yang patut dicoba saat jalan-jalan di negara pesisir laut Mediterania.

 

1. Gyros

 

 

Gyros adalah makanan Yunani yang paling mudah ditemukan, mulai di kios pinggir jalan hingga restoran. Gyros (baca : gyro) terdiri dari daging (bisa pilih ayam atau pork), tzatziki, tomat, ketimun, dan french fries yang disajikan di dalam gulungan roti pita. Selain disajikan dalam bentuk wrapped, gyros juga disajikan di atas piring dalam porsi yang lebih besar. Kalau lagi buru-buru atau perlu bekal, wrapped gyros cocok dijadikan pilihan. Rasanya enak dan sangat mengenyangkan. Wrapped gyros dibanderol EU 2-3 (Rp32.150-Rp48.200). Sementara gyros yang dihidangkan di piring harganya EU 5-8 (Rp80.350-Rp128.530).

 

2. Souvlaki

 

Semacam satenya Yunani. Souvlaki terbuat dari bermacam daging, mulai dari ayam, babi, sapi, domba, hingga sayur-sayuran yang bisa dipilih sesuai selera. Sama dengan gyros, souvlaki juga disajikan bersama french fries, sayuran, roti pita, dan tzatziki.

 

3. Ellinikos ( Greek Coffee)

 

Kopi khas Yunani ini disajikan dalam wadah yang unik, yaitu teko kopi kecil terbuat dari tembaga yang berujung panjang. Agak mirip dengan teko kopi Turki sih. Dari teko kopi tembaga yang disebut briki ini kopi dituang ke dalam cangkir kopi. Rasanya mantap...! Ellinikos cocok dinikmati saat nongkrong di kafe/ restoran sambil menikmati suasana Yunani yang nyantai atau people watching. Seperti yang saya lalukan di kawasan historis Plaka, Athena. Ellinikos memiliki 3 varian rasa, yaitu strong dan hampir manis, manis sedang, serta tanpa gula.

 

4. Greek salad

 

Menu yang pasti ada di setiap restoran Yunani, bahkan sering dihidangkan di bermacam restoran lainnya. Bedanya dengan jenis salad lainnya, Greek salad dibuat dengan menggunakan keju feta. Di luar itu, komposisinya terdiri dari tomat, buah zaitun, serta ketimun. Untuk dressingnya sendiri bisa dipilih mau pakai minyak zaitun, cuka, garam, lada, atau semuanya. Greek salad sering dihidangkan sebagai appetizer maupun sebagai side dish.

 

5. Baklava

 

Tak cuma di Turki, Baklava juga menjadi dessert favorit di Yunani. Dessert yang terbuat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, madu, serta dibungkus dalam filo pastry ini rasanya super manis. Tak perlu makan cake atau ice cream lagi deh.(ndr)