Tersingkir dari Swiss Open 2019, Jonatan Akui Ketangguhan Subhankar Dey

• Friday, 15 Mar 2019 - 18:53 WIB
Jonatan Christie. (Foto: Laman resmi PBSI)

BASEL – Langkah pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, telah dipastikan terhenti di ajang Swiss Open 2019 Super 300. Ia tersingkir setelah takluk dari wakil India, Subhankar Dey, di babak kedua Swiss Open 2019 yang berlangsung di St Jakobshalle Basel, Kamis 14 Maret 2019 malam WIB.

 

Pada pertandingan itu, Jonatan takluk setelah bertarung tiga set dengan skor akhir 21-12, 20-22, dan 17-21. Menurut Jojo –sapaan akrab Jonatan, kekalahan harus diterimanya lantaran Dey tampil begitu tangguh. Tak seperti laga-laga sebelumnya yang mampu ditaklukkan dengan mudah oleh Jonatan, pebulu tangkis peringkat 47 dunia itu kini tampil jauh lebih siap. Dey pun bisa menghalau setiap serangan Jonatan.

 

Jonatan Christie

 

Jonatan sendiri tak menyerah menghadapi situasi ini. Ia berusaha untuk mengubah gaya permainannya. Sayangnya, usaha peraih medali emas Asian Games 2018 itu tak membuahkan hasil manis sehingga akhirnya takluk dari Dey.

 

"Hari ini lawan bermain bagus, tidak gampang mati dan ulet. Dia kejar terus ke mana pun bola saya arahkan. Beberapa kali saya serang, pertahanannya rapat sekali. Waktu bola-bola saya jauh-jauhkan dari dia pun masih bisa dijangkau," ujar Jonatan, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Jumat (15/3/2019).

 

"Saya sudah antisipasi hal ini karena saya tahu lawan-lawannya Subhankar tidak ada yang mudah mengalahkan dia. Sayangnya di game kedua, saya sudah mengejar 20-20, tapi hasilnya begini. Saya sudah coba turunkan bola dulu karena permainan belakangnya kan bagus. Serangan-serangannya banyak yang akurat," lanjutnya.

 

Jonatan Christie

 

Kini, di nomor tunggal putra, Indonesia hanya memiliki satu wakil saja, yakni Anthony Sinisuka Ginting. Pebulu tangkis melaju ke babak perempatfinal Swiss Open 2019 usai menaklukkan wakil India, Liew Daren, dalam pertarungan dua set yang berakhir dengan skor 21-13 dan 21-17. Di babak delapan besar, Anthony bakal berhadapan dengan wakil China, Lin Dan.