Hanya Menempuh Waktu 28 Menit Naik MRT Dari Bundaran HI ke Lebak Bulus
Senin, 18 Maret 2019
Hanya Menempuh Waktu 28 Menit Naik MRT Dari Bundaran HI ke Lebak Bulus
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat jajal MRT. (Foto : Hambali/Okezone)

JAKARTA – Salam hangat dari petugas Moda Raya Terpadu (MRT) mengiringi setiap perjalanan moda transportasi massal berbasis rel itu dalam MRT Fase I mulai Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga ke Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

 

MRT mulai diujicobakan kepada masyarakat sejak 12 Maret 2019. Warga diperbolehkan naik MRT secara gratis selama masa uji coba, dengan syarat telah mendaftar terlebih dahulu.

 

Okezone juga berkesempatan menjajal MRT fase I ini saat meliput kegiatan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (18/3/2019) pagi. Dalam kesempatan itu, MRT hanya memerlukan waktu sekitar 28 menit untuk membawa penumpang dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus.

 

Rangkaian kereta MRT yang membawa rombongan Ibu Negara itu berangkat sekitar pukul 09.41 WIB dari Bundaran HI dan tiba di Stasiun Lebak Bulus pukul 10.09 WIB.

 

Sementara itu, sensasi menaiki MRT tak jauh berbeda dengan menaiki kereta rel listrik (KRL). Hanya saja, saat naik MRT, getaran terasa lebih minim.

 

Ujicoba MRT, Warga Manfaatkan untuk Keliling Ibukota

 

Selain itu, jalur MRT yang berada di bawah tanah memberikan kesan tersendiri lantaran perlintasannya yang gelap saat dilalui. Kemudian, suasana MRT akan menjadi terang menderang saat kereta telah melalui jalur yang berada di kawasan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan.

 

Dari jalur tersebut diketahui MRT tak lagi melewati jalur bawah tanah hingga ke Stasiun Lebak Bulus. Kemudian, suasana Koridor 13 Transjakarta juga akan menghiasi pemandangan jalur MRT dari Singsingamangaraja menuju Lebak Bulus.

 

Dari laju MRT itu akan terlihat jelas lalu lalang Transjakarta dengan rute Ciledug ke Blok M, Pancoran, dan Bundaran HI itu.

 Ujicoba MRT, Warga Manfaatkan untuk Keliling Ibukota

 

MRT Jakarta rencananya akan beroperasi secara komersil pada akhir Maret mendatang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengusulkan tarif Rp10.000 per penumpang MRT dengan jarak tempuh 10 kilometer.

 

Adapun DPRD DKI Jakarta saat ini sedang membahas subsidi yang akan diberikan untuk tarif MRT tersebut. Selamat datang MRT untuk Jakarta menuju kota kelas dunia!(erh)