Us: Teror Keluarga Bayangan

• Wednesday, 20 Mar 2019 - 15:05 WIB

"Us" berkisah tentang trauma yang dialami oleh Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o). 

Ketika masih kecil pada tahun 1986 di sebuah pantai di Amerika Serikat, dia menemukan kejadian yang tak terlupakan dalam arena taman bermain. Peristiwa itu masih terus menghantuinya hingga ia memiliki keluarga.

Pada libur musim panas, Adelaide dan keluarganya memutuskan untuk berlibur ke pantai di AS, mereka menginap di sebuah rumah di tepi pantai yang tak terhubung dan jauh dari keramaian.

Suatu malam, Adelaide menceritakan kondisi yang dia alami kepada suaminya. Tak lama berselang, trauma ya menghantuinya hingga sampai saat ini, benar-benar muncul eksis. Satu keluarga mendatangi kediaman yang ditinggali oleh Adelaide Wilson dan famili. 

Teror juga menghantui keluarga Mrs Tyler (Elisabeth Moss) yang tinggal lumayan jauh dari Keluarga Wilson. Makin malam suasana semakin mencekam, akibat teror dari makhluk menyeramkan.

Akankah Adelaide Wilson selamat dari kejaran teror yang mengganggu diri juga keluarganya? Bisakah trauma masa kecilnya hilang? 

Jawabannya bisa didapatkan dalam ketegangan setiap adegan dalam Us yang diproduksi Blumhouse Productions dan Monkeypaw Productions.

Peran yang dimainkan oleh Lupita Nyong'o juga sangat membuat penonton gereget dengan aksinya melawan makhluk yang menerornya, tidak hanya kesan horor.

Sutradara Jordan Peele juga tidak lupa untuk memasukan unsur komedi dalam "Us" yang sukses memancing seluruh penonton untuk tertawa karena peran dan tingkah laku yang dimainkan oleh Winston Duke sebagai Gabe Wilson. 

Bagi Peele, bahkan sebelum menyelesaikan Get Out, karyanya yang memenangkan piala Oscar 2017, dia sudah memikirkan "Us". Dengan janji lebih menakutkan, "Us" dibuat sama tajam secara psikologis, seperti ketika dia mengerjakan "Get Out" yang menggali lebih dalam masalah ras dan hak-hak istimewa di AS. 

"Gagasan untuk film ini datang dari rasa takut yang mendalam pada para doppelgänger. Saya suka mitologi doppelgänger dan film-film yang berhubungan dengannya, dan saya ingin memberikan persembahan kepada panteon film-film 'jahat-ganda'. Saya tertarik pada gagasan bahwa kita adalah musuh terburuk kita sendiri. Itu adalah sesuatu yang kita semua tahu secara intrinsik, tetapi itu adalah kebenaran yang cenderung kita kubur. Kami menyalahkan orang luar, kami menyalahkan 'yang lain.' Dalam film ini, monster itu memiliki wajah kita," kata Peele. 

Doppelgänger, atau muka dobel misterius orang yang hidup, berusia hampir setua cerita itu sendiri. Mereka muncul di hampir semua cerita rakyat dan mitologi, dilaporkan juga muncul di Mesir kuno dalam bentuk "ka," sebuah manifestasi fisik ganda spiritual yang berbagi kenangan, pengalaman dan perasaan rekan hidup.

Peele menjelaskan, "Doppelgänger selalu menjadi sumber rasa takut. Hal itu terhubung dengan rasa kefanaanmu, kurasa. Anda tidak dapat keduanya ada, jadi salah satu dari Anda harus pergi. Sepanjang mitologi, doppelgänger sering mewakili pertanda buruk atau bayangan pertanda kematian seseorang. Saya ingin menunjukkan, dan kemudian mengembangkan ceritanya, dari rasa takut yang paling mendasar itu.”​

Hasilnya, "Us" menghadirkan ketakutan tersendiri. Ketika "Get Out" berbicara kebenaran yang terpendam tentang rasialisme di AS, "Us" menghadirkan Amerika dan American dream itu sendiri.

Produser Ian Cooper menyebut, "Us" tentang bagaimana, dalam budaya Amerika, yang sering mengklaim 'pihak lain,' beberapa kelompok di luar diri, adalah masalahnya. "Dengan"Us", Jordan telah memberi kita 'pihak lain' yang merupakan sumber menakutkan, dan itu adalah diri kita sendiri," kata Cooper.

 

Mulai Tayang di bioskop Rabu 20 Maret 2019

Genre: Horror, Thriller

Sutradara: Jordan Peele

Pemeran: Lupita Nyong’o, Winston Duke, Elizabeth Moss, Kitty Tyler

Distributor: United International Pictures Indonesia

Durasi: Hampir 2 jam

(TAIZ)