Data Kemenkes: Kanker, Diabetes dan Stroke Makin Meningkat di Kalangan Anak Muda Indonesia

• Thursday, 21 Mar 2019 - 11:09 WIB
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GAYA hidup masyarakat Indonesia saat ini, membuat banyak orang terancam terkena penyakit. Oleh karena itu, generasi muda punya peran besar mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk hidup sehat.

 

Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Faried Moeloek, SpM(K) ingatkan generasi muda agar berbagi informasi positif tentang kesehatan. Mereka bisa jadi agent of change bagi masyarakat agar tidak segan melakukan pencegahan penyakit.

 

 

Dia mengatakan, kaum muda di berbagai kawasan menghadapi banyak permasalahan kesehatan. Kalau tidak dicegah sejak muda, masa tuanya akan terganggu. "Transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, menimbulkan risiko bagi kesehatan dan kesejahteraan," tuturnya saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

 

Dari data Riskesdas mencatat pada 2018 menunjukkan adanya peningkatan penyakit pada usia remaja dan dewasa muda seperti kanker, diabetes melitus, stroke dan hipertensi yang terus meningkat.

 

Karenanya, Pemuda dapat terlibat dalam pembangunan kesehatan tentang masalah yang dihadapi dan memastikan memahami tentang pembangunan kesehatan regional dan nasional.

 

 

Menkes Nila menambahkan, pentingnya ajakan bagi para pemuda untuk melaksanakan secara bersama-sama, dalam berperilaku sehat termasuk tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko terkena penyakit serta jauhi narkoba dan seks bebas.

 

Dia pun meminta agar kaum muda bisa menjalin kemitraan yang inovatif, dengan beragam organisasi dan menjadi panutan untuk hidup sehat. Serta menyebarkan informasi tentang pentingnya kesehatan.(mrt)