Gempa Tak Berpotensi Tsunami Bermagnitudo 5,7 Guncang Poso Sulteng

• Sunday, 24 Mar 2019 - 10:08 WIB
Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Minggu, 24 Maret 2019, sekira pukul 08.32 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, episenter gempa terletak di koordinat 1,78 Lintang Selatan (LS) dan 120,55 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 km arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, Sulteng pada kedalaman 39 km.

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Poso. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa dipicu penyesaran naik (thrust fault)," katanya dalam keterangannya kepada Okezone.

 

 

Rahmat mengatakan, guncangan gempa dilaporkan terasa di wilayah Poso, Malili, dan Palu. Pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan perihal adanya kerusakan dampak gempa.

 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

 

Ia menyatakan, hingga pukul 08.43 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

 

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.(erh)