Integrasikan Moda Transportasi, Jokowi Ajak Masyarakat Naik Angkutan Umum

• Sunday, 24 Mar 2019 - 11:26 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian MRT Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat.Foto/SINDOphoto/Isra Triansyah

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap masyarakat Jakarta meninggalkan kendaraan pribadi dapat beralih ke angkutan umum dengan terintegrasinya antarmoda transportasi. Harapan ini disampaikan Jokowi saat meresmikan MRT Jakarta Fase I di Bundaran HI, Jakarta Pusat. 



Jokowi mengatakan, beroperasinya MRT Jakarta bakal menjadi budaya baru yang bakal mengubah budaya lama masyarakat Indonesia. Pemerintah pun selalu menyosialisasikan budaya baru tersebut, yakni budaya mengantre, tak membuang sampah sembarangan dan disiplin waktu.



Bukan hanya di MRT Jakarta, tapi juga di semua moda transportasi massal yang telah disediakan pemerintah. Masyarakat pun harus menjaga dan merawatnya, sebagaimana MRT Jakarta.
 



"Kita lanjutkan fase kedua (MRT Jakarta), paralel dengan Timur Barat secara beriringan dikerjakan dan diintegrasikan. Kalau diintegrasikan masyarakat akan diberikan kemudahan datang ke tempat sehingga meninggalkan kendaraan pribadi," kat Jokowi pada wartawan, Minggu (24/3/2019).



Menurut Jokowi, ke depannya transportasi massal di Ibu Kota baik itu KRL, Transjakarta, MRT, dan LRT akan membuat lebih nyaman. Diharapkan, masyarakat tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi hingga menyebabkan kemacetan.



"Harapan kita itu, (contohnya) ke bandara tak usah bawa mobil sebabkan macet, bisa naik MRT ke Dukuh Atas pindah naik kereta bandara. Moda transportasi akan diotak-atik hingga terintegrasi betul dan diharapkan untuk bersama merawat dan menjaganya," ucapnya.(whb)