Sepekan Gratis, Warga Jakarta Harus Daftar Online untuk Naik MRT

• Monday, 25 Mar 2019 - 10:52 WIB
Sejumlah warga Ibu Kota sangat antusiasme untuk mencoba MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI.Foto/SINDOphoto/Dok

JAKARTA - Selama sepekan ke depan, PT MRT Jakarta masih menggratiskan ongkos perjalanan MRT Lebak Bulus-Bundara HI. Meski digratiskan, warga harus terlebih dahulu mendaftar melalui situs ayocobamrtj.com. 



Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan, warga yang akan naik MRT dalam periode bebas biaya (gratis) selama sepekan, harus mendaftar pada situs ayocobamrtj.com. PT MRT sengaja menerapkan prosedur tersebut agar mudah untuk mengontrol serta mengedukasi masyarakat.



"Kita kemarin kan sudah melakukan evaluasi selama fase uji coba. Jadi Sabtu Minggu kemarin itu memang penumpangnya sangat membludak khususnya di hari Sabtu. Karena itu sistemnya kita buka. Kita sekarang bertahap sekarang dan semua yang pendaftaran melalui online itu dimudahkan. Jadi masyarakat tinggal ini itu sebenarnya untuk mengontrol dan mengedukasi masyarakat agar mulai secara tadi bertanggungjawab menggunakan MRT Jakarta gitu," urai William di Jakarta, Senin (25/3/2019).



Menurutnya, mekanisme tersebut terbukti valid untuk mengetahui berapa banyak warga yang uji coba dan data lain sebagai bahan evaluasi. Dia menegaskan, mekanisme sistem pendaftaran online tersebut akan berlangsung selama satu minggu ke depan. Sampai DPRD DKI memutuskan berapa tarif yang akan dikenakan bagi para pengguna moda transportasi baru itu.



"Iya seperti itu (mekanisme pendaftaran onlinen). Tapi dimudahkan jadi anda ke stasiun buka ayocobamrtj.com dan langsung bisa klik disitu tunjukan QR code di situ," tuturnya. (whb)