KPU Harap Jokowi dan Prabowo Manfaatkan Waktu Debat Sesi 4-5

• Tuesday, 26 Mar 2019 - 10:43 WIB

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan nomor urut 02 Prabowo Subianto akan kembali melakoni debat keempat dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan-Keamanan dan Hubungan Internasional pada 30 Maret mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, debat keempat tak jauh berbeda dengan debat ketiga termasuk soal durasi waktu debat. "Sama ya, yang debat ketika itu sudah diperbaiki sana sini, ya kita pakai itu durasinya," ujar Wahyu, Selasa (26/3/2019).

Menurut Wahyu, debat keempat nanti akan tetap memberikan waktu 8 menit kepada Jokowi dan Prabowo untuk saling mengeksplorasi dan saling melemparkan pertanyaan kemudian ditanggapi secara bergantian. Menurutnya, waktu 8 menit ini ada di segmen 4 dan 5.Terkait dengan debat yang tampak kurang 'tek tok', Wahyu menegaskan hal tersebut berpulang kepada kontestan debat. Untuk hal ini, tugas KPU hanya memfasilitasi dari sisi format dan desainnya, selebihnya tugas dua Capres untuk memanfaatkan segmen 4 dan 5 secara efektif menyampaikan gagasan dan program yang ditawarkan.

"Tujuannya apa sih debat itu, tujuannya agar masyarakat pemilih yang nonton yang menyimak, itu kemudian hati dan pikirannya bisa direbut oleh si kandidat itu. Sehingga para pemilih itu mau milih mereka, kan itu tujuannya," pungkasnya.

(Sumber :Sindonews.com)