Rekor MURI terbaru dalam rangka World Oral Health Day

• Jumat, 29 Mar 2019 - 19:53 WIB

 

LISTERINE® melanjutkan kemitraannya dengan PDGI untuk promosi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.  Lebih dari 1.300 pelajar (tepatnya 1.331) di empat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta membuat sejarah dengan memecahkan Rekor MURI terbaru untuk jumlah pelajar terbanyak menggunakan mouthwash secara serentak.

Jakarta, 26 Maret 2019 – PT Johnson & Johnson Indonesia, melalui salah satu produk unggulannya, LISTERINE®, mouthwash yang dicintai oleh jutaan konsumen di seluruh dunia, memperkuat komitmennya  untuk terus berkontribusi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas hidup di Indonesia melalui kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan berbagai inisiatif.
 
Tahun ini, LISTERINE® menyelenggarakan promosi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut yang bertujuan untuk membangun generasi yang aktif dan cerdas melalui edukasi kepada para pelajar di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, di saat yang bersamaan, LISTERINE® juga melanjutkan kemitraannya dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang telah berlangsung sejak lama.
 
Insiatif ini dicanangkan berdasarkan fakta bahwa penyakit gigi dan mulut termasuk dalam 10 besar penyakit yang banyak menjadi keluhan masyarakat Indonesia (Departemen Kesehatan: 2008). Temuan ini diperkuat dengan adanya hasil Riskesdas tahun 2013, yang menyatakan bahwa sekitar 25,9% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut tetapi hanya 31,1% yang menerima layanan kesehatan mulut.[1]
 
Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi menjelaskan,”Perawatan mulut dan gigi secara menyeluruh dan rutin adalah suatu kebiasaan yang perlu dilakukan sejak dini untuk menghindari terjadinya masalah gigi. Adapun beberapa masalah gigi yang sering terjadi adalah karang gigi, hipersensitif, periodontitis, dan radang. Dalam hal ini, perawatan gigi dan mulut yang lengkap mencakup menyikat gigi, berkumur dan flossing. Namun, pada umumnya masyarakat hanya menyikat gigi dan masih sangat sedikit yang menyadari akan pentingnya berkumur menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi. Optimalisasi kebersihan mulut akan dicapai apabila kebiasaan berkumur selepas menyikat gigi dilakukan setiap hari. “
 
“Penelitian membuktikan bahwa sikat gigi hanya mampu membersihkan plak pada permukaan gigi berkisar 30-53% saja dan dengan menambahkan rutinitas berkumur, maka akan membantu melenyapkan sisa – sisa bakteri dan dapat melindung area mulut selama 12 jam. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi. Karenanya, untuk menyempurnakan proses menyikat gigi, membersihkannya dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari patut dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda,” tambah drg.Yudha Rismanto.
 
Pada kesempatan yang sama dan untuk memperingati World Oral Health Day, LISTERINE® juga memecahkan rekor terbaru MURI dengan mengajak sebanyak 1.300 pelajar SMP di Jakarta untuk berkumur menggunakanmouthwash (LISTERINE®) secara serentak. Sebelumnya, LISTERINE® telah memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta sebanyak 1.038 orang pada tahun 2008 di Semarang, Jawa Tengah.
 
Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan bahwa selain memperbaharui kemitraannya dengan PDGI, LISTERINE® tidak hanya memecahkan rekor MURI, tetapi dalam rangka World Oral Health Day, LISTERINE® juga akan melakukan serangkaian program promosi dan edukasi terkait dengan kesehatan mulut dan gigi di 12 Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Jakarta. World Oral Health Day diperingati secara internasional setiap tanggal 20 Maret setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mulut dan gigi.
 
Kegiatan promosi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut diadakan di 12 sekolah menengah pertama di Jakarta dengan menggandeng PDGI. Dimana rangkaian awal dari promosi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut ini ini diadakan terlebih dahulu secara bersamaan di 4 SMPN di Jakarta, yaitu SMPN 243 Cipinang, Jakarta Timur; SMPN 3 Manggarai, Jakarta Timur; SMP Muhammadiyah 4, Dewi Sartika, Jakarta Timur; dan SMPN 277 Koja, Jakarta Utara. Lebih dari 1.300 pelajar dari empat sekolah yang berbeda di Jakarta berkumpul untuk mengikuti rangkaian program yang termasuk, edukasi kesehatan mulut dan gigi, pengecekan gigi gratis dan berkumur bersama.
 
Rikka Anggitha, Brand Amplification Lead LISTERINE® mengatakan,” Kami sangat bangga tidak hanya dapat memecahkan kembali rekor MURI, tetapi juga dapat terus mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut, dimana kali ini fokus kami adalah edukasi dini kepada para pelajar SMP di Jakarta. Pencapaian kali ini tentunya akan terus memotivasi kami untuk terus berinovasi menyediakan yang terbaik untuk perawatan mulut dan gigi bagi masyarakat Indonesia, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kesehatan gigi dan mulut. Kami berharap serangkaian promosi dan edukasi ini dapat membantu pemerataan pendidikan dan layanan kesehatan gigi dan mulut, sehingga masyarakat Indonesia di berbagai kalangan agar semakin sadar akan pentingnya perawatan kesehatan gigi dan mulut sejak dini, guna untuk menghindari terjadinya permasalahan pada mulut dan gigi.” 
--- Selesai ---
Tentang Johnson & Johnson
Di Johnson & Johnson, kami percaya kesehatan yang baik adalah dasar kehidupan yang aktif, komunitas yang berkembang dan maju. Itu sebabnya selama lebih dari 130 tahun, kami bertujuan untuk menjaga orang – orang tetap sehat di setiap usia dan setiap tahap kehidupan. Saat ini, sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan terbesar dan berbasis luas di dunia, kami berkomitmen untuk menggunakan jangkauan dan kemampuan kami untuk kebaikan. Kami berusaha untuk meningkatkan akses dan keterjangkauan, menciptakan komunitas yang lebih sehat, pikiran yang sehat, tubuh dan lingkungan yang sehat untuk siapapun dan dimanapun. Kami memadukan hati, ilmu pengetahuan dan ketulusan untuk mengubah arah lintasan kesehatan bagi kemanusiaan. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi www.jnj.com
 
Tentang PT Johnson & Johnson Indonesia
PT Johnson & Johnson Indonesia berdiri sejak tahun 1973 dan bergerak di empat sektor bisnis yang berbeda, yaitu sektor: Consumer, Medical Devices, Pharmaceutical dan Vision Care. Merek-merek ternama dari sektor Consumer antara lain adalah JOHNSON’S®, CLEAN & CLEAR®, LISTERINE®, CAREFREE®, MYLANTA®, BENADRYL®, VISINE® dan COMBANTRIN®.

(*)