Polemik Cantrang Jangan Jadi Komoditas Politik

• Friday, 29 Mar 2019 - 21:22 WIB
okezone

Jakarta - Sekjen Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara), Susan Herawati, menegaskan, polemik cantrang hendaknya jangan dijadikan komoditas politik, apalagi semuanya dicuatkan mendekati pemilihan umum.

“Bagi para capres cawapres hendaknya jangan menjadikan isu cantrang ini sebagai barang politik. Nelayan adalah manusia yang berpikir jangka panjang. Memikirkan nasib anak cucunya. Sementara Presiden itu jabatannya hanya lima sampai 10 tahun saja,” tegas Susan dalam sambungan telepon, Jumat (29/3).

Ia juga mengkritisi pemberitaan di media yang lebih membesar-besarkan penolakan nelayan terhadap cantrang, dan bukan soal kerusakan lingkungan yang disebabkan cantrang. Padahal, kerusakan lingkungan yang timbul adalah persoalan jangka panjang yang harus dipikirkan secara serius solusinya.

“Jika larangan cantrang dicabut, kelompok-kelompok pengusaha kapal-kapal besar seakan dapat angin segar. Mereka bisa semakin besar kepala. Mari kita semua berpikir bukan hanya dari perspektif bisnis saja. Karena jika benar (larangan cantrang) dicabut, ini bisa memicu konflik antar-nelayan,” tegas Susan.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan bertemu dengan nelayan, yang terbaru di Lamongan, Jawa Timur, Selasa (26/3), Cawapres Sandiaga Uno  berjanji akan mengizinkan para nelayan mencari ikan menggunakan cantrang. Kebijakan pelarangan cantrang menurut Sandi sangat merugikan nelayan.

"Kebijakan itu sangat merugikan nelayan. Jangan hanya karena kita memperhatikan lingkungan, lantas membuat para nelayan dibatasi mencari ikan. Insya Allah di bawah Prabowo-Sandi nelayan Pantura sejahtera," kata Sandiaga di hadapan para pendukungnya.