Festival Kuliner Jadi Atraksi Wisata Baru di Yogyakarta

• Monday, 1 Apr 2019 - 11:33 WIB
Foto Ilustrasi shutterstock

SEKTOR kuliner memang seolah sudah menjadi satu paket yang tidak bisa dipisah dari sektor pariwisata. Kedua sektor tersebut, memang saling memberikan pengaruh satu sama lain.

Saat berjalan-jalan mengeksplor suatu daerah, biasanya wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara, akan mencari kuliner khas daerah setempat. Tidak heran, jika akhirnya ada wisata kuliner untuk mendatangi suatu daerah demi mencicipi berbagai kekayaan kuliner di dalamnya.

Sektor kuliner  menjadi tumpuan suatu daerah, terlebih lagi jika daerah tersebut sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di suatu negara bisa dikatakan akan semakin menggaung jika dipromosikan secara tepat alias efisien, contohnya dengan gelaran festival kuliner.

Bicara soal potensi kuliner, Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki hidangan kuliner begitu banyak. Tahukah Anda bahwa sebetulnya Yogyakarta menyimpan begitu banyak ragam kuliner yang bisa dinikmati.

Sebut saja mulai dari kuliner favorit Yogyakarta dari yang legendaris hingga yang tengah hits di kalangan pencinta dan penikmat makanan, contohnya Gudeg Yu Djum, Oseng Mercon Bu Narti, Sate Klathak Pak Jede, Jadah Tempe, Jejamuran, Ceker Huhah, Bakmi Kadin, Mie Setan, Bakpia Kukus Tugu, Martabak Markobar, hingga Mangkok Kelapa.

Menyadari Marlina Handayani, S.Pd, M.M, selaku Kepala Seksi Pelayanan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, pun menggelar festival kuliner untuk pengembangan sektor wisata kuliner.

“Acara festival kuliner ini saja diikuti oleh kurang lebih 100 pelaku industri kuliner di Yogyakarta, peserta saja sudah meriah, lalu pengunjungnya juga. Sebab di sini merupakan ajang berkumpulnya dari berbagai macam kuliner yang datang dari berbagai daerah, Jawa Tengah khususnya. Pasti pengaruhnya sangat besar,” ungkap Marlina di kawasan Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta.

Marlina menambahkan, acara festival kuliner memang bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pariwisata suatu daerah. Menurutnya, kegiatan ini akan memberikan banyak peluang di masyarakat.

"Ini jadi daya tarik, salah satu atraksi yang bisa dinikmati di daerah Yogyakarta sekaligus bentuk promosi wisata yang efisien. Harapannya kegiatan ini makin bisa memberikan peluang bagi masyarakat, khususnya pelaku industri kuliner lokal ataupun juga masyarakat lokal setempat di sini,” pungkasnya.

Sumber : Okezone.com