Wisata Anyer Harus Kembali Menggeliat
Selasa, 02 April 2019
Wisata Anyer Harus Kembali Menggeliat

SERANG - Ketakutan Wisatawan atas terjadinya Tsunami Selat Sunda yang menimpa Anyer dan Cinangka Kabupaten Serang berdampak terhadap penurunan pengunjung di tempat wisata tersebut. Hingga saat ini jumlah pengunjung di Kawasan Pantai Anyer belum normal.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang Hamdani mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung pada bulan Januari-Februari 2018 debandingkan dengan bulan yang sama di tahun 2019 sangat jauh berbeda. “Tahun 2018 kunjungan wisatawan hampir 9 juta selama satu tahun, khusus untuk Januari – Februari ada 400 ribu pengunjung, kemudian pada tahun 2019 ini dalam bulan yang sama Januari-Februari baru 9.000 pengunjung. Artinya jika dibandingkan 2018 dan 2019 itu sangat jauh dari jumlah kunjungan,” katanya saat acara Anyer Urban Festival 2019, kemarin.

Kendati demikian, Hamdani mengatakan pihak pemerintah maupun swasta terus melakukan strategi untuk meningkatkan jumlah wisatawan. “Paling berpengaruh terhadap sepinya wisatawan itu dari dampak tsunami. Jadi penyebab turunnya wisatawan bukan karena faktor alam, melainkan dari hawa ketakutan (trauma). Adapun bulan Maret ini terus meningkat. Semua itu berkat upaya lapisan masyarakat dan pemerintah daerah, ada kepala desa, camat tokoh masyarakat dan para pelaku usaha,” paparnya.

 

Sumber: Sindonews