Hotel Mumbai, Berdasarkan Penembakan Massal Sebenarnya

• Saturday, 6 Apr 2019 - 06:16 WIB

Serangan teroris yang terjadi masif di Kota Mumbai - India pada November 2008, atau dikenal juga dengan peristiwa 26/11, telah menewaskan 166 korban. 

Pelakunya adalah 10 anak muda yang terindoktrinasi pemahaman ekstrim, diming-imingi janji sorga, sekaligus terlatih bertindak kejam. 

Mereka melepaskan tembakan secara membabi buta, lengkap dengan senjata otomatis dan peledak-peledak, di berbagai lokasi vital, mulai dari stasiun kereta, rumah ibadah, dan hotel berbintang.  

Dalam "Hotel Mumbai", wujud nyata radikalisme itu diceritakan dengan fokus penembakan massal sekaligus penyanderaan dalam salah satu target, Taj Mahal Palace Hotel. 

Kengerian di tempat mewah tersebut mempertemukan tamu kelas atas dan staf yang umumnya datang dari kaum miskin, lintas ras, suku, agama, dan status yang biasanya membedakan manusia.

Tanpa bisa mendapat pertolongan dari siapa-siapa, termasuk polisi dan militer, para korban harus bekerja sama demi selamat dari kebrutalan pelaku yang berlangsung berjam-jam.

Mereka termasuk orang tua baru yang kaya raya David dan Zahra (Armie Hammer dan Nazanin Boniadi), pengusaha Rusia Vasili (Jason Issacs), dan pelayan yang baru dipromosikan Arjun (Dev Patel). 


Dalam adegan keji sekaligus dramatis, para tokohnya berjuang tanpa putus asa untuk bertahan hidup, sambil perlahan mencoba mengetahui, serangan apa yang sesungguhnya pecah di kota finansial tersebut.

"Hotel Mumbai" juga mampu menampilkan sisi kasih sayang, keberanian, ketabahan, dan keinginan kuat untuk bertahan hidup, di samping penggambaran gamblang tentang modus serta motif pelaku.

Dengan memberi porsi hampir seimbang pada sudut pandang antagonis, penonton dewasa baik dalam usia maupun pemikiran, diajak untuk memahami sisi kemanusiaan tanpa stigma dan diskriminasi, yang biasanya terasa kuat dalam karya berdasarkan kejadian teror lainnya.

Genre: Drama, Sejarah, Thriller

Sutradara: Anthony Maras

Pemeran: Anupam Kher, Dev Patel (Academy Award-Nominee Dev Patel, Slumdog Millionaire), Armie Hammer, (“Call Me By Your Name"), Nazanin Boniadi (“Homeland”). 

Durasi: 2 jam 

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 6 April 2019 (midnight show)

(MAR)