Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis bagi warga desa Ciririp Jatiluhur

• Friday, 26 Apr 2019 - 21:15 WIB

Jatiluhur - Sebagai upaya untuk mendorong hidup masyarakat yang sehat Siloam Hospitals Purwakarta bersosialisasi adakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat desa Ciririp Kecamatan Sukasari, Kelurahan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Rabu (24/4/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh 10 tenaga medis (2 dokter, 2 perawat, dan tim apoteker) dari Siloam Hospitals Purwakarta dan Puskesmas Sukasari, masyarakat mendapatkan pemeriksaan; cek tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. Selain itu warga juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum.

Adapun kegiatan yang dilakukan melibatkan beberapa tokoh masyarakat antara lain: Kepala Desa Ciririp Bapak Lurah Dule, Kepala Kecamatan Bapak Jaya, dan Kepala Puskesmas Sukasari drg. Syaiful, serta Pak Sandra dari pihak Jasa Raharja.

Menurut ketua penyelenggara Nita Hanjani, pihaknya memberikan layanan ini kepada 250 warga yang didata di desa Ciririp.

"Kami berharap warga sekitar dapat lebih peduli akan kesehatan dan segera periksakan diri ke puskesmas terdekat jika mengalami gangguan kesehatan," tegasnya.

Dalam sosialisasi ini pihak Siloam Hospitals Purwakarta juga ikut menggandeng pihak Jasa Raharja untuk mengadakan kegiatan ini. Kegiatan kepedulian yang kali pertama dilakukan pihak Siloam Hospitals Purwakarta di tahun ini memilih Desa Ciririp karena desa ini merupakan salah satu desa terpencil di Purwakarta, yang terletak di pinggiran Bendungan Jatiluhur.

Warga masyarakat sekitar menyambut dengan antusias dengan sudah hadir sebelum kegiatan di mulai. Salah satunya adalah Abah Irnam, di usianya yang sudah lebih dari seratus tahun, jelas pak Rojak (anaknya)  berumur 68 tahun mengatakan sakit sesak napas dan kurangnya pendengaran yang diderita abah sudah lama namun merasa senang karena bisa mendapatkan obat dan cek kesehatan secara gratis.

Sementara Camat Sukasari, Jaya berharap kegiatan baik ini dapat meningkatkan kesehatan warga sekitar sehingga yang sakit bisa sembuh dan yang sehat jangan sampai sakit", imbuhnya.

Sedangkan dokter Rika memberikan keterangannya tentang kondisi warga sekitar yang mayoritas di usia produktif mengalami gangguan kulit akibat dari pasca panen dan darah tinggi akibat dari pola makan. (ANP)