Pentingkah berolahraga saat puasa?

• Rabu, 8 Mei 2019 - 11:28 WIB

Di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa, pada hakikat nya puasa adalah kegiatan menahan makan, minum, dan hal - hal lain yang dapat membatalkan. biasanya saat berpuasa seseorang diharuskan untuk tidak makan dan minum selama sekitar 13 jam, selama itu pula tubuh kita tidak mendapatkan asupan nutrisinya baik makanan ataupun air. dengan sedikit nya makanan yang masuk kedalam tubuh banyak orang cenderung menjadi enggan untuk banyak bergerak apalagi berolahraga, padahal tubuh kita juga perlu mengeluarkan keringat.

berikut metode yang baik berolahraga saat puasa

Keseimbangan adalah kata kunci, Saat puasa, penentuan intensitas dalam berolahraga sangat penting. Menurut Djoko P.I, intensitas adalah kualitas yang menunjukkan berat-ringannya latihan. Olahraga di bulan ramadhan dapat dilakukan dengan intensitas 40% hingga 50% lebih sedikit dari zona latihan yang biasa dilakukan

Olahraga selama puasa jangan dilakukan terlalu berat. Sebab akan menguras tenaga, kekurangan cairan atau dehidrasi, apalagi jika tinggal daerah iklim panas. Cukup olah raga ringan seperti senam ringan, jalan dan jogging selama 20 s/d 30 menit.

Waktu pelaksanaan olahraga:

1) Saat menjelang buka puasa, rasa haus hanya akan terasa sesaat saja karena dapat diatasi saat berbuka puasa. Berbeda jika olahraga yang dilakukan pagi atau siang hari karena waktu berbuka yang masih lama

2) Usai salat tarawih, Setelah terawih kita dapat melakukan olahraga kecil seperti stretching atau plank

3) Menjelang sahur, Sebelum makan sahur kita dapat berolahraga ringan dengan mengatur pernafasan atau sit up

Olahraga seperti jalan sehat atau jalan cepat juga bisa menjadi pilihan. Olahraga kardio tersebut justru dianjurkan sebelum berbuka puasa. Latihan pembakaran yang berfungsi untuk kardiovaskular tersebut bermanfaat saat perut kosong. Satu atau setengah jam sebelum berbuka, latihan kardio bisa membakar lemak untuk dipergunakan sebagai energi. Menurut personal trainer profesional Jefry Sihite, latihan seperti, yoga, pilates, body balance, lebih tepat dilakukan saat berpuasa.

 

 

editor: GF