Manfaat Makan Sahur Bagi kesehatan

• Senin, 13 Mei 2019 - 15:07 WIB

Ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin Pramono dalam sebuah unggahan di facebook mengingatkan anjuran Nabi untuk makan sahur dan menjelaskan alasan - alasan tentang anjuran makan sahur yang baik untuk kesehatan 


Ia menyebutkan Islam membagi waktu malam menjadi 3, hadits Nabi menganjurkan kita makan sahur dalam sepertiga malam terakhir.

Berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir bermanfaat untuk kesehatan kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan. Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone). HGH mendorong pertumbuhan, memelihara dan memperbaiki otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino.

Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur. Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak. Ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat sepertiga malam terakhir. Sebaliknya, hormon stress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun. "Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal," kata Pramono. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa bangun sahur di sepertiga malam terakhir sangat bermanfaat bagi kesehataan kita, selain itu makan sahur juga berguna untuk kita memenuhi kebutuhan tenaga dan energi kita nantinya saat berpuasa