Indahnya Curug Bibijilan Sukabumi, Aliran Airnya Keluar dari Bebatuan Kapur

• Monday, 13 May 2019 - 15:26 WIB
Indahnya Curug Bibijilan Sukabumi (Foto: Instagram)

JAKARTA, - Destinasi wisata alam ini tengah menjadi primadona di kalangan wisatawan. Terutama para pencinta alam yang menyukai atraksi alam bebas dan memacu adrenalin. Namanya Curug Bibijilan.

Sensasi menjelajahi ke Gua Buni Ayu yang seru dan menyenangkan, dilanjutkan dengan mengunjungi curug yang airnya memancar keluar dari batu-batuan kapur besar. Ini akan memberikan pengalaman yang berkesan. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.

Nama bibijilan berasal dari bahasa Sunda yang artinya bermunculan, sesuai dengan penampakan air yang seolah terus memancar keluar dari dalam perut bumi. Air curug ini berasal dari dalam Gua Buniayu yang mengalir bertingkat-tingkat membentuk air terjun. Jika dilihat dari kejauhan, seperti bermunculan dari batu-batu kapur dengan percikan memutih.

"Siang-siang main di Curug Bibijilan! Curug yang berada di Kertaangsana, Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di kawasan wisata Buni Ayu, curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Airnya dingin dan sejuk, berwarna hijau tosca yang meluncur dari bebatuan kapur. Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi, karena debit airnya tinggi dan cukup deras. Jadi, kapan dolan ke sini?" tulis Instagram @ayodolan, dikutip Sabtu (11/5/2019).

 

Terletak di Dusun Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Curug Bibijilan masih termasuk ke dalam kawasan wisata Buni Ayu. Jika mengunjungi Gua Buni Ayu, Curug Bibijilan adalah destinasi selanjutnya yang harus Anda jelajahi. Jaraknya hanya sekitar 3,3 km.

Kawasan wisata ini juga menjadi tempat petualangan sungai seperti body rafting. Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti flying fox dan panjat tebing. Setelah adrenalin terpacu, Anda bisa berenang di kolam alami yang banyak terdapat di bawah air terjun. Air di kolam ini sangat jernih dan dingin.

Pohon-pohon pinus yang mengelilingi sekitar curug membuat suasana di sekitarnya terlihat asri. Ada banyak pemandangan yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Usahakan untuk membawa kamera yang tahan air, ya.

Berjarak sekitar 40 km arah tenggara kota Sukabumi, Anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot menuju ke Nyalindug Jampang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Buni Ayu. Anda bisa berhenti di Tugu Campus Rindu Alam kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi.

 

sumber: Inews.id