Bahaya Langsung Mandi Setelah Bangun Sahur

• Monday, 20 May 2019 - 10:46 WIB

Kebiasaan bangun tidur langsung mandi muncul terutama di bulan Ramadan. Apalagi kalau bukan untuk bangun sahur pada dini hari. Beberapa orang merasa gerah dan kurang segar makan sahur dan melakukan aktivitas lain tanpa mandi terlebih dahulu. Padahal, bahaya mengintai bagi orang yang bangun tidur langsung mandi dengan alasan apapun.

Berikut alasan mengapa mandi setelah bangun sahur berbahaya bagi kesehatan:

1. Tubuh menjadi kaget dan tidak dapat berfungsi secara normal

Aktivitas organ pada tubuh mengalami penurunan selama Anda terlelap dan membutuhkan waktu agar bisa berjalan normal kembali setelah bangun tidur. Jika anda langsung melakukan aktivitas seperti, misalnya mandi, tubuh tidak mendapat waktu yang cukup untuk mengembalikan fungsi normal. 

2. Tekanan darah menjadi lebih rendah

Posisi berdiri saat mandi membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Anda mungkin akan merasakan pusing yang muncul tiba-tiba disebabkan oleh otak kekurangan aliran darah kaya oksigen. Jantung akan berdetak lebih kencang agar suplai darah ke seluruh tubuh tetap terpenuhi. Hal ini berakibat pada jantung yang berdebar lebih kencang dari biasanya.

3. Dapat menyebabkan hipotensi ortostatik

Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak sempat menyuplai darah menuju otak karena Anda berdiri secara mendadak dari posisi awal duduk atau berbaring. Kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi berupa stroke, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, pingsan, hingga kematian akibat gagal jantung.

 

Mandi sebelum makan sahur sebenarnya tidak jadi masalah asalkan Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk mengembalikan fungsi normalnya, tidak langsung begitu saja. Bangunlah secara perlahan agar tubuh tidak “kaget” akibat perubahan postur secara mendadak. Setelah tubuh siap beraktivitas, barulah Anda bisa mandi agar tubuh lebih segar saat makan sahur.

Sumber : Okezone

Editor : HA