Atma Jaya Beri Apresiasi Bagi Mahasiswa Berprestasi Melalui Atma Jaya Student Award 2019

• Friday, 24 May 2019 - 14:21 WIB

Jakarta, 17 Mei 2019 – Tiap tahun, Unika Atma Jaya (UAJ) menyelenggarakan ajang bergengsi dengan memberikan penghargaan bagi mahasiswa aktif yang berprestasi.

 

Penghargaan ini bermula pada 1 Juni 2010 saat merayakan Pesta Emas Atma Jaya. Perayaan atas pencapaian emas ini diisi aneka kegiatan dengan semangat “Atma Jaya untuk Tuhan dan Tanah Air”. Dalam suasana tersebut digagas kegiatan “Putra Putri Kampus 2010”, untuk memberikan ruang apresiasi kepada mahasiswa Unika Atma Jaya yang memiliki prestasi akademik yang baik, aktif berorganisasi, dan memiliki keterampilan penunjang, serta kepribadian baik. Untuk menghasilkan Putra Putri Kampus terbaik maka seluruh persyaratan telah ditentukan dengan mengadopsi beberapa kriteria pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional serta memasukkan kriteria “Bebas Narkoba” untuk membuktikan konsistensi Unika Atma Jaya sebagai Kampus Bebas Narkoba.

 

Penghargaan ini dinilai mampu memberikan apresiasi bagi mahasiswa Unika Atma Jaya yang berprestasi. Maka, tahun 2011 ‘Pemilihan Putra Putri Kampus’ diubah menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres).  Kemudian tahun 2018, untuk memberikan penghargaan yang lebih luas kepada mahasiswa, maka diberi nama “Atma Jaya Student Award”, dan tahun ini (2019) melanjutkan dengan nama yang sama terdiri dari beberapa kategori kompetisi, seperti:

  1. Mawapres Ristekdikti, pemenang pada kategori ini akan maju mewakili universitas pada level nasional Ristekdikti.
  2. Mawapres bidang Ilmiah, kategori ini berdasarkan prestasi ilmiah baik dari level universitas sampai internasional.
  3. Mawapres bidang Minat dan Bakat,  kategori ini memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi seperti olahraga dan seni baik dari level universitas sampai internasional.
  4. Mawapres bidang Inovasi Produk, kategori yang memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki inovasi baik dalam hal ide, proses dan pengolahan.
  5. Mawapres bidang Kewirausahaan dibagi menjadi dua bidang yaitu prestart up dan startup
  6. Mawapres bidang Kepedulian Sosial, kategori ini memberikan penghargaan kepada program mahasiswa yang memiliki nilai kepedulian social, berdampak dan berkelanjutan.
  7. Organisasi Mahasiswa Berprestasi, yaitu penghargaan bagi mahasiswa yang menjalankan fungsi good governance dalam manajemen organisasinya.
  8. Atma Jaya Got Talent, yaitu penghargaan bagi mahasiswanya yang memiliki talenta yang mengagumkan dan menarik pada bidang tertentu.

Penampilan Finalis Atma Jaya Got Talent

 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, dr. Tommy N. Tanumihardja, Sp.An menyatakan bahwa tujuan dari ajang ini adalah memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi di bidang kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler, kemudian mendorong mahasiswa untuk peduli dan tanggap terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara melalui penulisan karya tulis ilmiah.



Pada kategori Mawapres Ristekdikiti, para finalis diuji oleh lima juri yaitu :  Ir.Aswin Wirjadi -Ketua Yayasan Atma Jaya, Dr. iur. Asmin Fransiska (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – LPPM UAJ), Brigitta -jurnalis senior Kompas, dr. Yustinus Winarto PT.Lapi Laboratories dan Dr. phil. Juliana Murniati, M.Si., pengajar Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

 

Para juri menguji para finalis dengan berbagai isu  seperti industry 4.0, big data, perubahan pola gaya hidup, peningkatan SDM Indonesia, pemerataan pelayanan kesehatan, perubahan iklim dan bencana alam, rancangan kota yang berkebelanjutan, kebijakan sampah plastik, ketidakadilan jender pada Pendidikan dan kekerasan pada perempuan, kebijakan kepada penyandang disabilitas sebagai subjek pembangunan hingga bagaimana kebijakan yang dapat mengubah cara perilaku pengusaha untuk melaksanakan industri yang berkebelanjutan dari sisi lingkungan dan perlakuan SDM yang secara umum mengacu pada tujuan pembangunan berkebelanjutan (SDGs).



Penguasaan para finalis terhadap topik yang diajukan oleh para juri menjadi penting karena melalui bekal akademis, kepekaan sosial dan inovasi dalam memecahkan masalah sosial adalah peran penting bagi para mahasiswa yang mengikuti ajang ini.


Salah satu juri pada bidang kepedulian sosial yang juga dosen Fakultas Pendidikan dan Bahasa UAJ, Henny Christine Mamahit, M.Pd menyatakan “menjadi juri pada ajang ini membuat saya bersyukur karena ternyata masih banyak anak muda Indonesia yang berprestasi dan berempati, dan menunjukan berarti bangsa Indonesia ternyata tidak krisis simpati dan kepedulian sosial.”


Akhirnya, kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa aktif Unika Atma Jaya ini, harapannya mampu mengakomodasi penghargaan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi dalam hard skills dan soft skills dan pemecahan masalah sosial.


 
Daftar Pemenang

Berikut adalah daftar lengkap para pemenang berdasarkan kategori 

1. Kategori Mawapres Tingkat Ristekdikti

Juara 1 Sherly Dermawan (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

Juara 2 Gracia Carolina (Fakultas Pendidikan dan Bahasa)

Juara 3 Alvin Angjaya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Juara Favorit Gregorio Gavriel Singgih (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kedokteran)

Sherly Dermawan (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

 

2. Kategori Inovasi Produk 2019.

Juara 1 Search and Recon Hybrid Robot (Fakultas Teknik), Robot yang dapat membantu mendeteksi dan menemukan korban yang tertimbun dalam reruntuhan bencana.

Juara 2 SAMIE (Fakultas Teknobiologi), mie tinggi protein yang dibuat dari bahan edible insect yaitu ulat sagu.

Juara 3 Poco Loco and El Nacho (Fakultas Teknobilogi), Poco loco pudding yang terbuat kacang merah dengan dua varian rasa pisang dan melon sedangkan El Naco adalah nacos yang berbahan dasar jamur enoki.

 

3. Kategori Bidang Kepedulian Sosial

Juara 1 Atma Jaya Peduli Mentawai (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

Juara 2 Merajut Mimpi melalui program Pendampingan Anak /PENA (Fakultas Psikologi)

Juara 3 Pendampingan Kantin Sekolah (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

 

4. Kategori Bidang Ilmiah Tingkat Universitas

Juara 1: Glenardi (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

Juara 2: Stephanie (Fakultas Teknik)

Juara 3: Harvey Sudharta (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

 

5. Kategori Bidang Kewirausahaan

Pre-Startup

Juara 1 Eat Meat (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Juara 2 RND Sausage (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Juara 3 Trashsure (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Start-up

Juara 1 Jolie Jello (Fakultas Pendidikan dan Bahasa)

Juara 2  Kopi Entok (Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi)

Juara 3 Shoper Clean (Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi)

 

6. Kategori Bidang Minat Bakat

Juara 1 Abrian Adri (Fakultas Pendidikan dan Bahasa), Atlet Renang Nasional

Juara 2 Kirana (Fakultas Psikologi), Atlet Layar Nasional

Juara 3 Dick Perthino (Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi), teater monolog

 

7. Kategori Atma Jaya Got Talent 2019

Juara 1 Michelle (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Komunikasi)

Juara 2 Voxlatile (Fakultas Teknobiologi).

Juara 3 Tika (Fakultas Psikologi)

Juara Favorit Jeremiah Efata

 

8. Kategori Organisasi Mahasiswa Berprestasi

Juara 1 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Komunikasi

Juara 2 Forum Diskusi Ilmiah (Fodim)

Juara 3 Atma Jaya Debating Club