Maju Mundur Cantik Mata-Mata dalam ANNA

mar • Sabtu, 22 Jun 2019 - 00:00 WIB

Genre: Action, crime

Sutradara, penulis: Luc Besson

Pemeran: Sasha Luss, Helen Mirren, Luke Evans, Cilian Murphy

Durasi: 2 jam

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 25 Juni 2019 / 22 Juni 2019 (midnight show)

Pekerjaan intelijen lengkap dengan detail adegannya, tetap menjadi inti cerita yang menarik. Pesona itu dihiasi gemerlapnya profesi pragawati dan action yang menegangkan.

Elemen tersebut dikemas dalam alur mundur-maju oleh sutradara sekaligus penulis Luc Besson. Sineas asal Prancis itu pernah menyutradarai action dengan tokoh utama perempuan lewat Nikita (1990) dan Lucy (2014). Besson juga terlibat sebagai penulis sekaligus produser dalam action-thriller Taken (2008) dan Taxi (1998) beserta lanjutan-lanjutannya.

Kali ini, Besson mengisahkan pengalaman Anna Poliatova, agen rahasia tahun 90-an yang bertugas menghabisi nyawa target-targetnya. Mengandalkan kemampuan membunuh dengan senjata atau apa pun alat di sekitarnya, Anna (Sasha Luss) menjalankan operasi spionase Rusia, KGB, lewat penyamaran sebagai model di Paris, Prancis. 

Di bawah kendali atasannya, Olga (Helen Mirren) dan Alex (Luke Evans), Anna menjadi pembunuh yang paling ditakuti lawan dan paling diandalkan organisasinya. Setelah mengalami segala tekanan, Anna ingin segera berhenti dari aktivitasnya. Dia ingin mendapat kebebasan. 

Gayung bersambut ketika Anna bertemu agen Amerika Serikat, CIA. Perseteruan KGB-CIA, Rusia-AS, pengabdian-pengkhianatan, keteraturan-kebebasan, diceritakan dengan penjelasan alasan Anna mengambil keputusan demi keputusan pentingya.

Uniknya, eksplorasi tersebut disampaikan dengan alur maju-mundur-maju sehingga penonton diajak untuk perlahan memahami dan menyetujui segala tindakan Anna. Pemeran utama Sasha Luss, yang memang seorang model asal Rusia, juga bisa tampil meyakinkan bersama aktor-aktris berpengalaman.

Selain itu, film Anna juga menghadirkan 'twist' mengejutkan dengan tak lupa menyelipkan keindahan kota Paris.