Jelajah Gudang Gaib Annabelle Comes Home

mar • Selasa, 25 Jun 2019 - 00:00 WIB

Rasa takut bisa muncul berbeda-beda dalam benak banyak orang, tetapi soal kaget biasanya akan muncul dalam makna yang sama. Dengan pola penggambaran audio visual khas Conjuring Universe, "Annabelle Comes Home" menampilkan kemunculan benda-benda menakutkan yang mengagetkan, dalam suasana sepi dan mengerikan. Benda tersebut terinspirasi dari koleksi Museum Gaib Warren. 

Jika Anda belum terlalu mengenal Conjuring Universe: Annabelle dan Keluarga Warren, maka "Annabelle Comes Home" bisa menjadi pembuka perkenalan yang tepat. Kita akan diajak mengeksplorasi hasil pekerjaan Ed dan Lorraine Warren, pasangan suami istri yang juga pemburu hantu, paranormal, dan investigator kasus-kasus okultisme.

Sebaliknya, jika Anda penggemar setia Conjuring Universe, maka "Annabelle Comes Home" menyajikan sudut pandang menarik. Bukan dari Ed dan Lorraine, bukan pula dari client mereka, tetapi dari putri tunggal Keluarga Warren, Judy.

Sutradara sekaligus penulis Gary Dauberman penasaran, "Apa rasanya menjadi anak dan melihat Ed dan Lorraine, pulang kerja, setelah menghadapi kejadian-kejadian mengerikan setiap hari? Atau bagaimana rasanya memiliki obyek-obyek dalam sebuah ruangan di rumah, seperti souvenir dari semua penyelidikan orang tua?"

Boneka Annabelle dibawa pulang oleh ahli demonologi Ed dan Lorraine, dari sebuah sekolah, menuju ke kediaman pribadi Keluarga Warren. Mereka akan menyimpan Annabelle di lemari kaca, dalam ruangan penuh benda-benda gaib.

Teror Annabelle sudah dimulai sejak awal, ketika pasangan suami istri itu menempatkan boneka menyeramkan di bangku belakang mobil. Kejadian menyeramkan terjadi saat perjalanan pulang, sekaligus menjadi pemancing yang menegangkan ketika Annabelle 'pulang'. 

Boneka Annabelle telah diamankan selama satu tahun di rumah barunya, di tengah-tengah segudang benda-benda berhantu. Entah menjadi media makhluk gaib, atau pun pernah dipakai dalam ritual-ritual yang melibatkan roh jahat, salah satu ruangan di kediaman Keluarga Warren sebenarnya aman-aman saja, selama tak ada seorang pun yang menyentuh, apalagi membuka lemari penyimpanan Annabelle. 

Masalah muncul ketika putri Ed dan Lorraine, Judy, akan ditinggal semalaman dan dititipkan ke pengasuh, karena kedua orangtuanya akan bekerja menangani kasus. Pengasuh bernama Mary Ellen, mengajak temannya, Daniela, yang ternyata menyimpan rasa bersalah. Tiga remaja perempuan: Judy, Mary Ellen, dan Daniela menghadapi serangan si jahat, yang tampil dalam berbagai wujud. 

Sebagai bagian dari Keluarga Warren, Judy pun terlihat menurunkan bakat seperti ibunya. Namun, mampukah mereka mengalahkan roh jahat dalam Annabelle dan kawan-kawan? Ataukah Annabelle siap mengambil nyawa para calon korbannya? 

Sutradara Dauberman menyatakan sangat bangga dengan Conjuring Universe sebelumnya, dan tak ingin terlalu jauh dari elemen-elemen yang membuatnya sangat populer. "Para pemeran termasuk Patrick Wilson dan Vera Farmiga sebagai Ed Lorraine, lokasi, ruang artefak, benar-benar membuat kisah kami unik. Menghabiskan hampir seluruh film di rumah, yang pernah sekilas terlihat sebelumnya, sangatlah membentuk rasa takut, seiring kisahnya terungkap. Selain itu, film ini juga memperluas mitos yang telah disampaikan dalam edisi sebelumnya.  

Dauberman berharap, penonton akan senang menonton Annabelle Comes Home, di tempat yang seharusnya aman, tetapi bisa saja terlepas, mempengaruhi, dan memanipulasi tak hanya para karakter, tetapi juga benda-benda horor lainnya. "Saya harap, film ini menyenangkan sekaligus menakutkan dalam waktu yang bersamaan," kata sineas yang beru pertama kali terjun sebagai sutradara tersebut. 

Para pembuat Annabelle Comes Home juga telah menaburkan sedikit remah-remah tampilan bukti, dari kasus lain Ed dan Lorraine. Entah sebagai pemantik maupun  "Pasti ada beberapa benda berhantu lainnya yang memiliki kisah keren untuk diceritakan ...,” tutup Dauberman.

Genre: Horor

Sutradara: Gary Dauberman

Pemeran: Patrick Wilson (“Aquaman,” “The Conjuring”, “Insidious” films) dan Vera Farmiga (“The Conjuring” films, “Godzilla: King of the Monsters,” TV’s “Bates Motel”), Mckenna Grace (TV’s “The Haunting of Hill House,” “Gifted,” “Captain Marvel”), Madison Iseman (“Jumanji: Welcome to the Jungle,” “Goosebumps 2: Haunted Halloween”); dan Katie Sarife (TV’s “Youth and Consequences” and “Supernatural”).

Durasi: 1 jam 45 menit

Distributor: Warner Bros. Pictures

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 26 Juni 2019.