Pemicu Wabah Hepatitis A di Pacitan : Ini Dugaan Kemenkes

• Senin, 1 Jul 2019 - 15:26 WIB

Jakarta - Penyakit Hepatitis A telah mewabah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Banyaknya masyarakat yang menjadi korban penyebaran virus Hepatitis A membuat bupati Pacitan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

 

Hal ini pun dibenarkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes. Menurutnya hingga saat ini ada 957 pasien yang mengalami Hepatitis A di Pacitan.

 

Namun, penyebab pasti penyebaran virus ini masih sedang diselidiki. Dugaan sementara yang bisa diambil bahwa penyebaran penyakit ini disebabkan secara oral, makanan dan sumber daya air yang kurang bersih.

 

“Kabarnya Hepatitis A ini disebarkan karena Sungai Sukorejo yang membelah daerah kejadian dan penjual makanan yang diedarkan dari satu tempat ke tempat lain. Curah hujan yang berkurang serta keterbatasan sumber air untuk minum dan air bersih pun menjadi faktor lainnya,” terang dr. Anung, dalam konferensi pers di Gedung Kemenkes, Senin (1/7/2019).

 

Dari hasil penelitian laboratorium, masih ada pencemaran bakteri e coli di saluran Sungai Sukorejo. Padahal desa ini sudah berstatus Open Defecation Free (ODF) sejak 2017. Artinya sudah tidak ada masyarakat yang buang air di sepanjang aliran sungai.

 

Lebih lanjut Dirjen Anung menegaskan bahwa hingga 30 Juni 2019 terdapat 40 pasien Hepatitis A yang dirawat di rumah sakit. Sementara sebagai besarnya memilih untuk menjalani pengobatan di rumah. (okezone)