KPK Panggil Mendag Enggartiasto Lukita Dalami Kasus Bowo Sidik

• Tuesday, 2 Jul 2019 - 10:41 WIB

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi ‎Politikus Golkar, Bowo Sidik Pangarso (BSP).

 

Enggartiasto akan dimintai keterangannya untuk tersangka dari anak buah Bowo Sidik di PT Inesia, Indung. "Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (2/7/2019). (okezone.com)

 

Di kesempatan yang sama, penyidik lembaga antirasuah juga memanggil saksi lain pada kasus ini. Yakni, Notaris Dyna Mardian dan 4 pihak swasta yakni Andriyan Fauzi Nasution, Harisman, Zulkarnaen Nasution dan Jummy Samudera.

 

"Keempatnya juga dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi, dalam penyidikan tersangka ‎IND," ujar Febri.

 

Pada perkaranya, Bowo dan Indung diduga KPK menerima suap atas jasa kerja sama pelayaran antara PT Pilog dan PT Humpuss.

 

Adapun kasus gratifikasinya, Bowo diduga mendapatkan dari berbagai pihak. Dari pengurusan di BUMN, sampai soal Dana Alokasi Khusus di sejumlah daerah. Sejauh ini, KPK telah menyita sekira Rp 8 Miliar dari kantor PT Inersia milik Bowo Sidik.