Human Initiative Gelar Pelatihan Sphere Bagi Jurnalis

• Tuesday, 2 Jul 2019 - 15:07 WIB

Depok - Human Initiative (PKPU) memberikan Pelatihan Pengenalan Sphere Bagi Jurnalis, di sebuah Hotel di Kawasan Margonda, Depok, Selasa (2/7/2019).

 

Sphere adalah panduan standar minimum penanganan kebencanaan. Sphere bertujuan untuk meningkatkan mutu tindakan organisasi kemanusiaan pada saat bencana terjadi, baik itu bencana alam maupun bencana manusia (konflik).

 

 

Peserta pelatihan terdiri dari Redaktur media nasional, baik cetak maupun elektronik. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu (2-3 Juli) menghadirkan para pembicara antara lain Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati, Ari Djanuar Prasetyo, Muhammad Kaimuddin (Human Initiative), Syahri Ramadhan (CRS Indonesia), dan Lestantya R. Baskoro (wartawan senior/Dewan Pers).

 

Pelatihan panduan Sphere untuk jurnalis bertujuan memberikan pemahaman tentang panduan dan kode etik Sphere untuk para jurnalis. Selain itu, untuk memberikan pemahaman tentang kode etik Sphere dalam pemberitaan bencana.

 

 

Tak hanya itu, pelatihan ini juga untuk memberikan pemahaman tentang teknik penulisan berita kemanusiaan sesuai kode etik jurnalistik dan memperkenalkan perlengkapan Rescue Human Initiative.

 

Penanganan Bencana tidak hanya mengandalkan kemampuan untuk memberikan bantuan material saja, tapi juga memberikan dukungan moral dan psikologis kepada korban. Pada kondisi seperti inilah media massa memberikan peranan penting dalam pemberitaan mengenai bencana.

 

 

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, mengatakan, organisasi non pemerintah (NGO) yang dipimpinnya melihat pentingnya peranan media massa dalam pemberitaan bencana dan perlu adanya standar serta kode etik yang harus diutamakan, maka pelatihan panduan Sphere bagi jurnalis penting untuk diselenggarakan.

 

“Kami pertama kali mengadakan pelatihan ini dan sekaligus momentum bagi kami untuk menuntaskan tugas dan program-program organisasi kemanusiaan,” terang Tomy Hendrajati. (mus)