Tinggalkan Anak, Demi Menikahi Adik Kandung

• Thursday, 4 Jul 2019 - 13:51 WIB
Candra Fajri Ananda
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya

BULUKUMBA - Pernikahan sedarah kaka beradik, Ansar (29) dan Fitri (21), meninggalkan pilu terhadap keluarga. Ansar meninggalkan istrinya, Hervina binti Ambo Tuwo (28) dan si buah hati yang masih berusia 7 tahun.



Hervina kini memilih pulang ke rumah orang tuanya. Sebelumnya dia tinggal berdekatan rumah dengan mertuanya di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.


Dia tak kuasa menahan kesedihan ditinggal sumianya yang telah menikahi adik kandungnya saat berada di Kalimantan Timur.


Saat ini dia harus pasrah dan ikhlas menerima kenyataan ini. Hervina bahkan tak membayangkan hal itu terjadi.



"Mereka kan (Ansar dan Fitri) bersaudara, jadi tidak ada rasa curiga. Jadi saya pikir kedekatannya biasa saja karena dia bersaudara," tuturnya saat disambangi di kediamannya, di Jalan Poros Bira, Dusun Lembang, Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Rabu (03/07/2019).



Hervina mengaku baru mengetahui hubungan terlarang suaminya saat Fitri meninggalkan Kabupaten Bulukumba dengan tujuan mencari kerja di Malaysia.



"Adiknya si Fitri sempat kirim pesan ke saudaranya kalau katanya tidak usah dicari karena mau ke Malaysia sama bang Ansar," ucap Hervina.



"Ada sepupu (AT) yang mengirimkan foto dan video pernikahan keduanya lewat WhatsApp. Kabarnya sempat dilarang oleh AT tapi keduanya bersikeras untuk menikah," sambung dia membeberkan.



Informasi yang diperoleh SINDOnews, AT mengaku sempat melarang dan menasehati niat keduanya untuk menikah. Dia bahkan menolak ketika diminta untuk menjadi wali nikah. 



Akan tetapi, Ansar tetap bersikukuh untuk menikahi adiknya sendiri, dengan membayar kurang lebih Rp2,4 juta kepada penghulu.


AT juga membocorkan, bahwa pernikahan tersebut dilakukan karena Fitri sedang mengandung empat bulan, buah dari hubungan terlarangnya dengan sang kakak.


"Tante saya juga lihat saat mereka ada di Terminal Mallengkeri, tapi dia katanya cuman bilang mau ke Balikpapan," tambah Hervina.



Dari informasi Kepala Dusun setempat, Ansar merupakan anak keempat dan Fitri anak bungsu. Pernikahan sedarah ini menggemparkan warga Bulukumba, setelah Hervina melaporkan suaminya ke Polres Bulukumba, pada Senin 1 Juli 2019 lalu.