Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Tiba di Kampung Halamannya Boyolali

• Senin, 8 Jul 2019 - 09:13 WIB

BOYOLALI – Kedatangan jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, disambut duka di kampung halamannya di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019). Jenazah Sutopo tiba sekitar pukul 07.20 WIB.

Jenazah Sutopo dibawa ke kampung halamannya atas permintaan orang tuanya. Sebelumya, jenazah almarhum dibawa ke rumahnya di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, setelah dipulangkan dari Guangzhou, Tiongkok.



Dari pantauan, rumah duka sudah ramai dengan para pelayat untuk menyambut kedatangan jenazah, ditambah aparat gabungan dan pejabat setempat. Ada pula Kepala BNPB Doni Monardo yang akan turut mengantarkan Sutopo menuju liang lahat.

Pria kelahiran 7 Oktober 1969 itu akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu. Jaraknya tidak jauh dari rumah duka.



Kematian Sutopo meninggalkan banyak kenangan, terutama dalam bidang kebencanaan. Dia merupakan sosok yang punya andil besar dalam memberikan informasi mengenai bencana kepada masyarakat, tanpa mengenal waktu dan kondisi kesehatannya.


Pejuang kemanusiaan itu meninggal dunia pada Minggu 7 Juli 2019 pukul 01.20 WIB, saat menjalani perawatan kanker paru-paru yang dideritanya, di Guangzhou, China.