AS Juara Piala Dunia Wanita 2019, Jill Ellis: Para Pemain Menampilkan Kegigihan

• Monday, 8 Jul 2019 - 10:10 WIB

LYON, iNews.id - Tim nasional Amerika Serikat (AS) berhasil menjuarai Piala Dunia Wanita 2019 usai menang 2-0 atas Belanda pada babak final di Groupama Stadium, Minggu (7/7/2019) malam WIB. Ini menjadi gelar Piala Dunia keempat bagi AS.

 

Pelatih AS Jill Ellis mengaku bangga atas performa yang ditanpilkan anak asuhnya. Dia bahkan kesulitan merangkai kata-kata untuk menggambarkan prestasi tim asuhannya itu.

 

“Tim asuhan saya merupakan pemain yang hebat dan telah menunjukkan kegigihan. Mereka telah bermain sepenuh hati. Saya sulit berbicara usai laga, tetapi mereka telah menciptakan sejarah,” kata Ellis kepada BBC.

 

Pada laga itu, AS memang bermain dengan apik. Namun, Gol baru tercipta di babak kedua, tepatnya pada menit ke-61. Alex Morgan dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Belanda dan itu membuat wasit menunjuk titik putih. Megan Rapinoe yang maju sebagai eksekutor berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Belanda.

 

Memimpin, AS kian percaya diri dalam melakukan serangan. Hasilnya pada menit ke-69, mereka menggandakan kedudukan. Melalui skema serangan balik yang cepat, Rose Lavelle berlari melewati pertahanan lawan dan melepaskan sepakan yang menjebol gawang Belanda.

 

SUSUNAN PEMAIN
AMERIKA SERIKAT (4-3-3)
Naeher; O’Hara (Krieger 46), Dahlkemper, Sauerbrunn, Dunn; Lavelle, Ertz, Mewis; Heath (Lloyd 87), Morgan, Rapinoe (Press 79)
Pelatih: Jill Ellis

 

BELANDA (4-2-3-1)
Van Veenendaal; Van Lunteren, Van der Gragt, Janssen, Dekker (Van de Sanden 73); Groenen, Spitse; Van de Donk, Miedema, Martens (Roord 70); Beerensteyn
Pelatih: Sarina Wiegman