Siap-Siap, 11.626 Tiket Murah Akan Disediakan 2 Maskapai Ini

• Selasa, 9 Jul 2019 - 00:00 WIB

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan maskapai Citilink, Lion Air, dan para pemangku kepentingan industri penerbangan lain sepakat menyediakan tiket pesawat murah untuk penerbangan rute domestik pada jadwal tertentu.

 

Rencananya penyediaan tiket murah tersebut akan dimulai pada Kamis (11/7/2019) pekan ini.

 

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan akan ada 208 jadwal penerbangan untuk tiket murah tersebut. Menurutnya, 208 jadwal penerbangan ini terdiri atas Lion Air sebanyak 146 flight per hari dan Citilink sebanyak 62 flight per harinya.

 

“Citilink 62 flight per hari total 3.348 seat, Lion 146 flight, 8.278 seat, seat akan mengikuti jika ada perubahan rute, pesawat, dan sebagainya, jadi totalnya sebanyak 11.626 seat,” ucap Susiwiyono di Jakarta.

 

 Citilink

 

Dia pun mengatakan maskapai akan menyediakan 30% tiket pesawat dengan harga 50% di bawah tarif batas atas maskapai low cost carrier (LCC). Kuota tiket pesawat murah tersebut disediakan pada Sela sa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00 sampai 14.00.

 

Ada pun tipe pesawat untuk penerbangan murah itu adalah pesawat dengan jenis jet, bukan baling-baling.

 

“Kita akan memberikan penurunan tarif 50% dari batas atas LCC untuk alokasi seat sejumlah 30% dari total kapasitas pesawat,” jelasnya.

 

Susiwijono melanjutkan, rute penerbangan yang ditetapkan sebagai penerbangan murah ini akan mengikuti mekanisme izin rute dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

 

“Biasanya pada Oktober, setahun dua kali akan ada peninjauan rute mana saja. Jadi akan mengikuti perubahan rute dari Dirjen Perhubungan Udara, tetapi kebijakannya tetap,” ungkapnya.

 

Sementara pengawasan atas kebijakan ini akan di laksanakan oleh Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan. Untuk mengawal pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan rapat pengawasan dan monitoring secara periodik.

 

“Ini ben tuk komitmen pemerintah untuk menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat,” imbuhnya.

 

Direktur Keuangan Citilink Indonesia Ester Siahaan mengatakan, pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah untuk menyediakan harga-harga murah pada jad wal tertentu.

 

“Rute Citilink sebanyak 62 flight an tara jam 10.00-14.00 pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan per kiraan se karang 3.348 seat. Saat ini tim kami sudah mulai menyesuaikan dalam sistem sesuai dengan kesepakatan,” ujarnya.

 

CEO Lion Air Rudy Lumingkewas juga mengatakan, pihaknya mendukung program yang dijalankan pemerintah untuk menyediakan penerbangan mu - rah bagi masyarakat.

 

“Kami menyediakan 146 flight per hari untuk Selasa, Kamis, dan Sabtu. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder lain yang mendukung pro gram ini sehingga terlaksana,” tuturnya.

 

Secara terpisah Garuda Indonesia sejak Sabtu (6/7/2019) telah menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Samarinda pp dari sebelumnya tujuh kali per minggu menjadi 14 kali per minggu.

 

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan mengungkapkan bahwa penambahan frekuensi tersebut merupakan salah satu upaya Garuda dalam mengoptimalisasikan pasar potensial di Samarinda, khususnya untuk mendukung mobilisasi para pengguna jasa di dua kota tersebut.

 

“Penambahan frekuensi rute penerbangan ini juga sejalan dengan komitmen berkelanjutan kami untuk men dukung upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi iklim investasi dalam sektor pariwisata dan industri di Samarinda,” ungkapnya.