Mendes, Mensesneg, & Mendagri Bakal Jadi Incaran Parpol Pendukung Jokowi

• Kamis, 11 Jul 2019 - 00:00 WIB

JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti memprediksi partai politik pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf akan mengincar Menteri Desa Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

 

Selain itu, para parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf itu juga akan mengincar Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg). Ia menilai, parpol akan mengincar Kemendes karena memiliki basis massa hingga ke desa.

 

"Tapi mulai ke sini, yang basah tidak hanya terkait menteri ekonomi tapi kementerian yang terkait langsung dengan hajat publik, seperti Kementerian Desa," tutur Ray dalam diskusi Formappi di Jakarta Timur, Rabu (11/7/2019).

 

Menurut Ray, semua partai termasuk PDIP yang merupakan partai pengusung utama Jokowi juga akan mengincar Kemendes. Pasalnya, kementerian tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

"PDIP mulai ngelirik sekarang karena selepas 2024, mereka tidak punya figur, sehingga Kemendes ini saat membagikan dana desa yang mencapai miliaran akan diingat masyarakat," paparnya.

 

Selain Kemendes, kata Ray, beberapa kementerian lain yang berhubungan langsung dengan Presiden juga akan diincar partai berlambang banteng tersebut.

 

"Misalnya Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, dan lainnya," ucapnya.