Bertemu di Rekonsiliasi MRT, Prabowo : Selamat Bekerja Pak Jokowi

• Sabtu, 13 Jul 2019 - 12:34 WIB

JAKARTA - Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) melakukan konferensi pers di Stasiun MRT Istora Mandiri, Senayan, Jakarta setelah menjajal moda transportasi tersebut bersama Prabowo Subianto dari Stasiun MRT Lebak Bulus. Pertemuan tersebut telah dinanti-nantikan setelah gelaran Pilpres 2019 berlangsung.

 

Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut telah direncanakan sejak lama, namun karena kesibukan masing-masing maka belum bisa terlaksana.

 

"Pertemuan saya dengan Bapak Prabowo pada pagi hari ini adalah pertemuan seorang sahabat, pertemuan seorang kawan, pertemuan seorang saudara, yang sebetulnya ini sudah kita rencana lama tapi karena Pak Prabowo juga sibuk, kemarin mondar-mandir ke luar negeri, saya juga begitu, pergi ke luar daerah, ada juga ke luar," ujar Jokowi, Sabtu (13/7/2019).

 

Jokowi pun bersyukur dirinya dan Prabowo bisa bertemua pagi ini, terlebih momen tersebut dibarengi dengan menjajal MRT yang belum pernah dinaiki Prabowo.

 

Presiden Indonesia itu selanjutnya menekankan bahwa Pilpres yang disebutnya 'sangat keras' telah usai dan diharapkan seluruh pendukung ikut bersatu, tak ada lagi 01 dan 02 atau panggilan cebong dan kampret.

 

"Tidak ada lagi yang mamanya cebong, tidak ada lagi yang namanya kampret, yang ada adalah Garuda Pancasila," ujar Jokowi.

 

"Marilah kita rajut, kita gerakkan kembali persatuan kita sebagai bangsa karena kompetisi global sangat ketat, sehingga perlu kebersamaan dalam membangun bangsa," imbuh Jokowi.

 

Sementara itu Prabowo menjelaskan alasan mengapa dirinya belum mengucapkan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) yang sudah ditetapkan sebagai presiden terpilih 2019-2024.

 

Menurut Prabowo, ia hanya mengikuti 'tata krama', yakni lebih baik mengucapkan selamat secara langsung dengan bertatap muka. 

 

“Ada yang bertanya kenapa Pak Prabowo belum ucapkan selamat atas Pak Jokowi ditetapkan sebagai presiden, saya katakan ini bagaimanapun ada tata kromo, jadi kalau ucapan langsung maunya tetap muka,” ujar Prabowo.

 

Prabowo menegaskan jika dirinya tetap bersahabat dengan Jokowi meskipun keduanya usai bertarung di Pilpres 2019. Sehingga meskipun keduanya kerap melemparkan pernyataan berbeda juga selama beberapa bulan ini.

 

“Tadi dikatakan Pak Jokowi, kami bersahabat, berkawan. Memang kenyataannya begitu. Kalau bersaing, itu tuntutan politik,” ujarnya.

 

Prabowo pun tak lupa mengucapkan selamat untuk Jokowi yang akan kembali memimpin bangsa. Ia pun sempat berkelakar rambut Jokowi akan tambah memutih.

 

“Saya ucapkan selama bekerja. Saya juga ucapkan selamat bertambah rambut putih,” ujarnya.