Pidato Jokowi Sangat Visioner & Kebijakannya Berkonsep Dynamic Governance

• Senin, 15 Jul 2019 - 10:21 WIB

JAKARTA - Joko Widodo (Jokowi) tampil sebagai Presiden terpilih 2019-2024 dan menyampaikan pidato Visi Indonesia untuk memprioritaskan program-program kebijakan yang sesuai dengan kondisi faktual saat ini. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun memberikan apresiasi terhadap isi pidato yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Politikus PDIP, Darmadi Durianto memuji pidato politik kemenangan Jokowi yang akan memprioritaskan program-program kebijakan yang sesuai dengan kondisi faktual saat ini. Baik kondisi secara global maupun nasional. Kemudian dia menulai isu pidatonya menggambarkan bahwa Jokowi adalah presiden yang visioner.

 

"Saya mengapresiasi isi pidato kemenangan Pak Jokowi, sangat visoner. Saya lihat Presiden Jokowi menggunakan konsepdynamic governance dalam menyusun berbagai kebijakannya," kata Darmadi kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/7/2019).

 

Namun demikian, lanjut dia, perlu ada formulasi yang tepat terkait berbagai kebijakan dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin dinamis. Seperti menggunakan konsep dynamic governance.

 

Dijelaskannya, dynamic governance adalah sebuah konsep yang menekankan bagaimana bekerjanya berbagai kebijakan, institusi dan struktur yang telah disusun.

 

"Agar mampu beradaptasi dengan kondisi ketidakpastian dan perubahan sehingga dapat tetap relevan dan efektif untuk mencapai tujuan jangka menengah dan panjang," kata dia.

 

Disebutkan dia, agar konsep itu terimplementasi dengan baik dia menyarakan agar setidaknya pemerintah mesti melakukan beberap hal.

 

"Pertama, pemerintah mesti menempuh jalur pembangunan adaptif (adaptive path). Kedua, pemerintah mesti mengedepankan pola-pola kebijakan yang bersifat adaptif (adaptive policy). Dua hal tersebut menjadi prasyarat penting agar pemerintahan berjalan efektif di tengah tantangan dan perubahan zaman yang sangat dinamis ini," tutur dia.

 

Sebagaimana diketahui Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam acara ‘Visi Indonesia’ di Sentul City Bogor Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2019.

 

Dalam pidatonya Jokowi akan memprioritaskan sejumlah kebijakan dalam periode kedua kepemimpinanannya seperti melanjutkan pembangunan infrastruktur, program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mengubah mindset birokrasi.