Pramugari Terima Gambar Rompi Bom Bunuh Diri, Pesawat JetBlue Dievakuasi

• Senin, 15 Jul 2019 - 13:42 WIB

NEW JERSEY - Pihak berwenang mengatakan sebuah pesawat menuju Florida, Amerika Serikat dievakuasi di bandara New Jersey setelah gambar rompi bom bunuh diri dikirim ke iPhone penumpang dan pramugari di atas pesawat.

 

Penerbangan JetBlue dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Newark Liberty, New Jersey ke Tampa, Florida. Namun seorang pramugari memberi tahu kapten bahwa dia menerima gambar rompi bom bunuh diri, yang kemudian ditindaklanjuti dengan memberi tahu pihak berwenang pada Sabtu (13/7).

 

Foto yang diterima adalah rompi bom bunuh diri atau seseorang yang mengenakan rompi bom bunuh diri, mengutip Daily Mail, Senin (15/7/2019).

 

Siapa pun yang memiliki iPhone akan menerima gambar yang sama dengan dua pramugari, karena pengiriman gambar dilakukan dengan AirDrop—cara untuk mentransfer foto antar perangkat Apple.

 

Pihak berwenang bandara kemudian mengatakan pesawat kembali ke pintu gerbang dan 150 penumpang dipindahkan ke landasan melalui tangga.

 

Foto/Daily Mail

 

Penumpang dan bagasi mereka diperiksa ulang.

 

Semua barang bawaan dan kargo dibawa ke landasan agar dapat diperiksa oleh anjing K-9.

 

Foto/Daily Mail

 

Video dan foto yang dibagikan di media sosial menunjukkan kendaraan polisi di sekitar pesawat dan barang bawaan ditinggalkan di luar pesawat.

 

"Rasanya gugup ketika kamu melihat petugas Otoritas Pelabuhan datang ke pesawatmu dan kamu tidak tahu apa yang sedang terjadi," kata Thomas Desmond, seorang penumpang JetBlue.

 

JetBlue mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penerbangan itu ditunda karena pemeriksaan keamanan tambahan.

 

Penerbangan akhirnya berangkat dari Newark pada pukul 11.27 dan tiba di Tampa pada pukul 14.01 waktu setempat.