Singkirkan Pasangan Jepang, Greysia/Apriyani Kantongi Tiket Babak Kedua

• Selasa, 16 Jul 2019 - 19:20 WIB

Jakarta - Gelaran Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000, telah dimulai sejak pagi tadi, Selasa (16/7) di Istora Senayan, Jakarta. Sejumlah pemain top dunia pun telah melakoni laga perdananya. Begitupun wakil tuan rumah, sudah menjajal Istora dan beberapa diantaranya sukses mengantongi tiket babak kedua usai menundukkan lawan-lawannya.

Seperti ganda putri yang paling diandalkan, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sore tadi sukses mengantongi tiket babak kedua, usai membungkam pasangan Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, dengan kemenangan dua game langsung 21-15 dan 21-16 dalam waktu 41 menit.

“Puji Tuhan bisa melewati babak pertama dan ini memang tujuan kami. Di sini kami memang ingin melewati babak demi babak dulu, agar kami bisa lebih fokus untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," ungkap Greysia usai laga.

Sebelumnya, Greysia/Apriyani pernah berjumpa dengan pasangan Jepang ini di babak kedua Jepang Open 2018. Kala itu pasangan Indonesia juga sukses meraih kemenangan usai bertanding selama tiga game dengan skor 14-21, 21-16 dan 21-10. Ketika ditanya soal perbedaannya pertandingan sebelumnya dengan tadi, menurut Greysia tidak ada perbedaan yang jauh, namun ia dan Apriyani merasa lebih diuntungkan dengan dukungan penuh dari penonton yang memadati tribun Istora.

“Tadi saya lebih ke kondisi psikisnya, terus juga keadaan lapangan yang sedikit angin. Selain itu juga dukungan penuh penonton untuk kami, banyak memberikan semangat pada kami sehingga lawan banyak ragu-ragu dan itu dijadikan kesempatan untuk kami," jelas Greysia.

Selanjutnya di babak kedua, Greysia/Aprinyani masih menunggu lawan yang akan dihadapinya, yaitu antara pasangan Thailand, Jongkolphan Kitutharakul/Rawinda Prajongjai atau pasangan dari Korea, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Hingga berita ini diturunkan, kedua pasangan ini masih menunggu giliran bertanding.

Sementara itu di sisi lain, pil pahit harus diterima oleh salah satu andalan Indonesia di nomor ganda campuran, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Menghadapi wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich di babak pertama, Praveen/Melati yang diunggulkan di posisi keenam ini harus kalah dengan dengan skor 20-22 dan 14-21 dalam waktu 34 menit.

“Dari awal permainan kita udah mau nyerang juga dan sempat unggul hingga 20-18, tetapi kebalik jadi 20-22. Sampai akhir game kedua kita gak bisa keluar dari tekanan. Lawannya lebih nekad dan kita lebih hati-hati jadi mereka bisa lebih lepas,” kata Praveen.

“Kita gak mau mikir lawan kaya gimana-gimana meskipun kita lebih diunggulkan, dan kita sudah mempersiapkan individu masing-maing. Memang target semifinal, tetapi hasilnya seperti ini ya harus banyak evaluasi,” lanjut Praveen.

Dengan hasil ini, maka rekor pertemuan kedua pasangan ini menjadi imbang 1-1. Sebelumnya, kemenangan sukses di raih Praveen/Melati pada ajang All England Open 2019 dengan skor 21-11 dan 21-17.

Hingga berita ini diturunkan, Indonesia sendiri sudah berhasil mengamankan empat wakilnya ke babak kedua. Selain Greysia/Apriyani, juga ada ganda putri Nadya Melati/Tiara Rosalia Nuraidah, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan tunggal putra Jonatan Christie.