JK dan KH Ma'ruf Amin Hadiri Acara Halalbihalal DMI-MUI

• Wednesday, 17 Jul 2019 - 09:42 WIB

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla akan membuka acara halalbihalal dan seminar sehari yang diselenggarakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat.

 

Acara bertajuk "Islam Rahmatan Lil 'Alamin sebagai Modal Utama Membangun Bangsa" ini juga akan dihadiri Ketua Umum MUI yang juga Wapres RI Terpilih, KH Ma'ruf Amin.

 

Berdasarkan pantauan di lokasi, JK dan Ma'ruf Amin tiba di lokasi acara berbarengan. JK dan Kiai Ma'ruf jalan berdampingan dengan pengawalan anggota Paspampres.

 

Narasumber dalam seminar ini antara lain, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, ahli tafsir Quraish Shihab, dan sejumlah tokoh keagamaan lainnya.

 

 

"Dalam kesempatan tersebut diluncurkan program pendidikan khatib dan da'i nasional bersertifikat guna memaksimalkan peran dan fungsi khatib dan pendakwah yang berkualitas," kata Ketua Panitia Acara, KH Abdul Manan A Ghani dalam keterangan pers tertulisnya di Jakarta, Rabu (17/6/2019).

 

Materi seminar, kata Abdul Manan, akan mencermati dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana masyarakat masih mengalami keterbelahan akibat perbedaan dukungan di Pemilu 2019.

 

"Maka perlu dilakukan silaturahim tokoh agama, ulama, pimpinan ormas Islam, dan elite politik untuk mempersatukan masyarakat yang terpecah dan meredakan ketegangan politik," tuturnya.

 

Nantinya, lanjut dia, forum silaturahmi ini akan menyepakati dan merekomendasikan beberapa hal, antara lain menghilangkan polarisasi, memerangi beeita hoaks dan ujaran kebencian, memberikan pendidikan politik serta menyebarluaskan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin.