1.063 Orang Mengungsi Akibat Gempa M 7,2 yang Mengguncang Halmahera Selatan

• Wednesday, 17 Jul 2019 - 11:25 WIB

JAKARTA - Polri melakukan pemantauan di 3 desa di Wilayah Halmahera Selatan atau tepatnya di Desa Yamli Dalam, Kecamatan Gene Barat Selatan, Desa Liboba Hijrah, dan Desa Kurunga Kecamatan Kepulauan Joronga pasca gempa magnitudo 7,2 yang mengguncang sejumlah wilayah di Maluku Utara pada Minggu 14 Juli 2019.

 

Dari ketiga desa tersebut total terdapat 1063 orang dari 315 Kepala Keluarga (KK) mengungsi, dan 129 bangunan mengalami kerusakan.

 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pemantauan itu dilakukan pada Selasa 16 Juli 2019. Hasilnya, sebanyak 600 jiwa mengungsi di Desa Yamli Dalam, Kecamatan Gane Barat Selatan akibat gempa.

 

"Warga masyarakat Desa Yamli yang mengungsi terdiri Lansia, orang dewasa, anak dan balita," kata Dedi, Rabu (17/7/2019).

 

 

Berdasarkan hasil pendataan, total ada 119 rumah warga dan 2 gereja di wilayah tersebut mengalami kerusakan berat, sedang, hingga ringan. "Jumlah korban dilaporkan berjumlah 8 orang di mana 7 orang mengalami luka ringan dan 1 orang luka berat," ungkapnya.

 

Sementara itu, di Desa Liboba Hijrah, warga yang mengungsi sebanyak 113 Jiwa (95 KK) yang terdiri lansia, orang dewasa, anak dan balita. Tidak ada korban jiwa mauoun luka dilokasi ini, namun sejumlah rumah mengalami kerusakan.

 

"Jumlah rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 3 unit rusak berat berada di dusun 1/ RT 1, serta 92 rumah dalam kondisi rusak ringan," ungkapnya.

 

Polri melanjutkan pemantauan di Desa Kurunga, Kecamatan Kepulauan Joronga dan mendapati sebanyak 350 (90 KK mengungsi yang terdiri lansia, orang dewasa, anak dan balita.

 

"Jumlah rumah yang mengalami kerusakan diantaranya 1 gedung sekolah yang rusak berat, 1 dermaga pelabuhan, 1 gapura masuk Pelabuhan Kurunga, 2 rumah warga, 1 rumah penyimpanan genset desa, dan 1 masjid rusak ringan," kata Dedi.

 

Saat ini kata Dedi korban secara umum mereka membutuhkan sembako, obat-obatan, air mineral, tenaga medis, dan kelambu tidur. "(Polri melalui Kapolres Halmahera Selatan) telah mememberikan bantuan makanan dan minuman serta pengobatan ringan oleh SAR hidayatullah Ternate," tukasnya.